Notification

×

Iklan

Iklan

Wajib Vaksin agar PPKM Cepat Selesai

Jumat, 01 Oktober 2021 | 10/01/2021 03:33:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-01T08:56:14Z


Salma Isti Qomah Ali

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKes UHAMKA


Menurut informasi yang saya dapat, pemerintah mewajibkan vaksin kepada seluruh penduduk di Indonesia, untuk usia anak mulai dari 12 tahun sampai 17 tahun dan untuk usia dewasa mulai dari 18 tahun hingga 60 tahun ke atas. Tetapi bagi anak-anak maupun orang dewasa  yang memiliki penyakit berbahaya, seperti TBC, asma, jantung, dan lain sebagainya, bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang menanganinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Di Indonesia untuk saat ini beredar 5 jenis vaksin anatara lain sinovac, astrazeneca, sinopharm, moderna, pfizer. Dari berbagai jenis vaksin tersebut memiliki maanfaat yang hampir sama dan efek vaksin tergantung dari fisik masing-masing.


 Vaksin di wajibkan untuk seluruh masyarakat terutama yang pekerjaannya berinteraksi langsung dengan orang banyak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti terpapar covid-19 dan juga agar Indonesia cepat pulih dari covid-19, walaupun sudah di vaksin kita tetap tidak boleh abai dengan 5M (memakai masker, menjauhi kerumunan, mencuci tangan, menjaga jarak, dan membatasi interaksi). Untuk saat ini, ketika kita ingin berpergian ke suatu tempat diharuskan menunjukan sertifikat vaksin yang diberikan setelah melakukan vaksin sebanyak 2 kali, untuk yang masih dosis 1 bisa menggunakan applikasi peduli lindungi. Ketika ingin melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum seperti busway, KRL, MRT dan lain sebagainya, kita harus memiliki sertifikat vaksin terlebih dahulu bahkan dulu ketika PPKM berlanjut diwajibkan membawa STRP atau surat keterangan lainnya untuk bisa menggunakan KRL, tetapi mulai 8 September kemarin hanya di mintai surat vaksin saja ketika ingin melakukan perjalanan.


Masyarakat Indonesia masih banyak yang memiliki ketakutan untuk vaksin karena beradar kabar-kabar yang tidak mengenakan yang disebarkan oleh masyarakat itu sendiri, tetapi banyak juga masyarakat yang sudah di vaksin karena ingin Indonesia cepat pulih dan meraka pun bisa bekerja atau melakukan aktifitas seperti sebelum tersebar covid-19.


Saya pernah membaca snapgram salah satu aktris Indonesia yang baru saja melakukan pekerjaan serta liburan di luar negeri tepatnya Amerika. Sesuai yang saya baca, masyarakat di Amerika hampir banyak yang tidak memakai masker karena sudah hampir 90% masyarakatnya divaksin,karena mereka ingin negaranya cepat pulih dari covid-19. Indonesia juga bisa seperti itu jika masyarakatnya mempunyai kemauan dan keinginan divaksin agar negaranya cepat pulih dan juga PPKM tidak terus-menerus diperpanjang. Dengan PPKM tidak diperpanjang kita sebagai masyarakat bisa melalukan aktifitas seperti sedia kala dan juga bisa memperbaiki ekonomi negara.

Data vaksin terbaru di Indonesi tanggal 28 September 2021 

Dosis 1 berjumlah 88.531.137 (32,7%)

Di vaksin lengkap 49.655.718 (18,3%)


=