Notification

×

Iklan

Iklan

Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 Langkah Awal Generasi Uhamka menjadi KIIS (Kreatif, Inovatif, Inspiratif, Solutif)

11 Oktober 2021 | Senin, Oktober 11, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-11T11:43:59Z
Serambiupdate.com Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan UHAMKA menyelenggarakan program PLP 1 untuk para mahasiswa semester V. Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 merupakan tahapan pertama program Pengenalan Lapangan Persekolahan program Sarjana Pendidikan yang dilakukan pada semester V. program ini berbobot 1 sks dan dilaksanakan dalam bentuk praktik lapangan pada sekolah. Program PLP 1 pada masa pandemi seperti ini boleh dilaksanakan secara daring atau luring.

Program ini dilaksanakan bertujuan untuk menumbuhkan landasan jati diri dari seorang pendidik melalui beberapa kegiatan di sekolah. Bentuk kegiatan ini meliputi pengamatan langsung mengenai kultur sekolah, struktur sekolah, struktur organisasi dan tata tertib, kegiatan-kegiatan yang terdapat di sekolah tersebut, dan praktik-praktik pembiasaan positif di sekolah.

Kegiatan PLP 1 diawali dengan adanya pembekalan untuk para mahasiswa. Pembekalan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 14 September 2021 melalui Zoom Clouds Meeting. Pembekalan ini berisi pengenalan tentang pengertian PLP 1, tujuan dari PLP 1, kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan, alur kegiatan PLP 1, dan laporan serta luaran yang harus dibuat oleh mahasiswa peserta PLP 1. Kegiatan persiapan selanjutnya, pembentukkan kelompok dan memilih sekolah yang dituju untuk kegiatan PLP 1.

Membentuk kelompok terdiri 5 orang, yaitu Karina Qurota Ayuni, Safiinatunnajah Handayani, Maulaya Sakinah, Martha Evelin Ronauli, dan Sakinah Widiyawaty dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan Dosen Pembimbing Septi Fitri Meilina, M.Pd . Sekolah yang kami tuju adalah SD Negeri Tugu 10 Depok. 

Pengenalan Lapangan Persekolahan Tahap 1 dilaksanakan pada tanggal 23 September hingga 4 Oktober 2021. Kami berkesempatan untuk mewawancarai dua narasumber yaitu Kepala Sekolah SDN Tugu 10 Depok, Ibu Eva Eriva, M.Pd dan perwakilan guru pamong Ibu Dina Yuliana, S.Pd. Mengenai karakteristik peserta didik, kegiatan rutin di sekolah, pembiasaan kebiasaan positif dan kegiatan belajar mengajar di SDN Tugu 10 Depok pada masa pandemi Covid-19.

Dalam Wawancara bersama Ibu Eva Eriva, M.Pd Kepala Sekolah SDN Tugu 10 Depok mengenai tugas dan fungsi sekolah pada masa pandemi Covid-19 pada (27/09) “Pada masa pandemi Covid-19 Tugas dan fungsi sekolah harus tetap berjalan. Peserta didik harus tetap belajar dan para guru bertanggung jawab untuk menghadirkan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga tidak membebankan peserta didik. Dalam upaya mengoptimalkan proses pembelajaran melibatkan Tri Pusat pendidik dengan membangun kerja sama antara sekolah, keluarga beserta masyarakat diharapkan mampu mendukung proses pembelajaran dan mengatasi tantangan dan hambatan pada masa pandemi ini .” Tuturnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 menuntut setiap individu untuk terus beradaptasi dan meningkatkan kompetensi diri. Terutama dalam bidang pendidikan, para guru dituntut untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang teknologi informasi sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik. Dalam wawancara dengan Ibu Dina Yuliana, S.Pd guru kelas 5B SDN Tugu 10 Depok “Di SDN Tugu 10 Depok para guru senang dengan tantangan dan sekolah memfasilitasi guru melalui program guru pembimbing atau guru pembelajar dan guru berkarya sehingga guru dapat terus mengasah kemampuan sehingga dapat merancang pembelajaran yang manarik.”

Selama pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 di SD Negeri Tugu 10 banyak sekali mendapatkan pengalaman baik selama pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 di SD Negeri Tugu 10. Disambut dengan baik oleh kepala sekolah serta rekan guru, banyak sekali ilmu dan wawasan yang saya dapat Ketika pelaksanaan PLP 1. Kami  diberikan kesempatan yang sangat luar biasa oleh SD Negeri Tugu 10 untuk mengikuti kegiatan sekolah, seperti kegiatan sosialisasi antar wali murid membahas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), ikut serta dalam uji coba Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) peserta didik SD Negeri Tugu 10, serta mengikuti Workshop Ice Breaking yang dilaksanakan di SD Negeri Tugu 10.

Pelaksanaan kegiatan PLP 1 di SDN TUGU 10 Depok memberikan pengalaman dan gambaran-gambaran tentang lingkungan persekolahan, bagaimana kegiatan sekolah, tugas guru dan kepala sekolah, dan lainnya.
=