Notification

×

Iklan

Iklan

Pelaksanaan PLP 1 di SMA Yadika 11 Jatirangga Oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka

06 Oktober 2021 | Rabu, Oktober 06, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-05T17:57:31Z


Serambiupdate.com
Pengenalanan lapangan persekolahan atau yang biasa disebut dengan PLP 1 merupakan tahapan pertama pengenalan lapangan persekolahan yang dilakukan mahasiswa program sarjana pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) pada semester 5. 


Tujuan dalam kegiatan PLP 1 adalah untuk menumbuhkan landasan jati diri dari seorang pendidik melalui beberapa kegiatan di sekolah seperti : pengamatan langsung mengenai kultur sekolah, struktur organisasi, tata kelola di sekolah dan tata tertib sekolah serta kegiatan-kegiatan yang terdapat di sekolah tersebut. 


Kegiatan PLP 1 dilaksanakan mulai dari tanggal 23 September sampai 4 Oktober 2021. Bertempat di SMAS Yadika 11 Bekasi yang beralamat Jalan Lurah Namat no 53 kp. Kranggan Lembur Jatirangga, kel. Jatirangga, kec. Jati Sampurna, Bekasi, Jawa Barat.


Proses pelaksanaan PLP 1 yaitu  pendataan sekolah, menunggu dikeluarkannya surat perizinan dari pihak kampus, mengajukan surat perizinan ke sekolah, menunggu balasan pihak sekolah, mengatur jadwal observasi dengan pihak sekolah, dan melaksanakan observasi pada waktu yang telah ditetapkan.


Manfaat PLP yang diperoleh bagi peserta adalah menambah pemahaman tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah, memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah, serta memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara disiplin. Manfaat yang diperoleh bagi sekolah tujuan adalah memperoleh kesempatan untuk berpartisipasi dalam menyiapkan calon guru yang profesional. Manfaat yang diperoleh bagi fakultas adalah memperoleh umpan balik dari pelaksanaan program PLP 1 guna pengembangan kurikulum perguruan tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. 


Tantangan yang kami temui pada saat pelaksanaan kegiatan PLP adalah lokasi sekolah yang cukup jauh dari apa yang kami bayangkan. Tantangan lainnya berupa transportasi menuju sekolah yang bersangkutan terbatas dan hanya ada pada waktu tertentu. Selain itu, biaya transportasi yang kami keluarkan pun cukup besar. 


“Selain jarak tempuh yang sangat jauh kami juga harus mengeluarkan biaya transport yang relatif tidak  murah, kami harus menggunakan taksi online dari halte pemberhentian menuju sekolah”, ujar salah satu rekan kami. 


Harapan kami kedepan untuk sekolah ialah semoga semakin berjaya dan kualitas sekolah serta peserta didik semakin meningkat. Harapan kami untuk fakultas adalah semoga kedepan dapat mempermudah mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan PLP dan mendapatkan timbal balik yang baik darI segala pihak yang bersangkutan dengan kegiatan PLP. Untuk kelompok kami berharap kerja sama ini semakin membangun relasi yang baik antar sesama anggota dan membangun kekompakan untuk kegiatan PLP selanjutnya.

=