Notification

×

Iklan

Iklan

Mana Yang Terbaik, Belanja Online atau Belanja Offline?

31 Oktober 2021 | Minggu, Oktober 31, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-31T15:44:13Z

 


Karya Najwa Maharani Adisa Putri

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Fikes UHAMKA

Kegiatan belanja saat ini bukan hanya menjadi kebutuhan, tetapi sudah menjadi kebiasaan untuk menghilangkan stress akibat rutinitas yang dilakukan. Dengan berbelanja, seseorang akan mendapatkan kepuasan tersendiri dan dapat memperbaiki suasana hati. Seiring dengan berkembangnya teknologi internet, sehingga memunculkan tren belanja baru yaitu belanja online. Dalam melakukan aktivitas belanja, konsumen tidak hanya berbelanja mendatangi toko. Konsumen dapat mengakses internet untuk belanja secara online. Tetapi, belanja secara offline biasanya lebih dapat dipercaya karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk tersebut.

Beberapa Kelebihan dan kekurangan dari belanja online. Kelebihan belanja online bagi konsumen. Pertama, harga yang ditawarkan lebih murah. Kedua, menyediakan banyak pilihan produk. Ketiga, praktis dan menghemat waktu. Keempat, model model yang ditawarkan bagus dan menarik.  Kelima, sering ada promo. Kekurangan belanja online bagi konsumen. Pertama, barang tidak bisa dicoba. Kedua, resiko penipuan. Ketiga, kualitas barang tidak sesuai. Keempat, pengiriman lama. Kelima, barang tidak sesuai dengan yang dipesan.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari belanja offline. Kelebihan belanja offline bagi konsumen. Pertama, konsumen dapat membandingkan produk yang ditawarkan.  Kedua, kualitas dan harga barang sesuai. Ketiga, barang dapat dicoba. Keempat, barang sudah ada sehingga tidak perlu menunggu. Kekurangan belanja online bagi konsumen. Pertama, konsumen harus datang langsung ke toko. Kedua, jarang ada promo. Ketiga, harga lebih mahal karena produk sudah terpercaya. Keempat, model yang ditawarkan kurang lengkap.

Baik belanja online dan belanja offline memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal tersebut tergantung pada kebutuhan dari konsumen. Ada baiknya jika membeli produk secara  online, konsumen terlebih dahulu mencari informasi mengenai produk tersebut dengan menanyakan kepada teman atau orang lain yang pernah berbelanja di toko online tersebut.  Sehingga dapat mengetahui kualiatas dan pelayanan dari toko tersebut.

=