Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA Laksanakan PLP 1 di SMAN 85 Jakarta

05 Oktober 2021 | Selasa, Oktober 05, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-05T01:16:29Z


Serambiupdate.com
Mahasiswi semester 5 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka atau UHAMKA mendapatkan mata kuliah “Pengenalan Lapangan Persekolahan atau PLP 1” yang dimana mata kuliah ini berhubungan langsung dengan lingkungan sekolah.

 

PLP 1 ini adalah proses tahapan pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan yang dilakukan pada semester 5. Tujuan dari PLP 1 ini dimaksudkan menumbuhkan dan membentuk jati diri seorang pendidik melalui beberapa kegiatan di lingkungan sekolah.

 

Aidah Faiziah Permana, Alif Fitriyah, Nimas Ayu Salamah, Saomi Kurniah, dan Weni Eka Rahayu yang merupakan mahasiswa FKIP UHAMKA laksanakan PLP 1 di SMAN 85 Jakarta yang dipimpin oleh Ibu Dra. Siti Zulaeha, M. Pd. selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

 

Ibu Yulfitri, S.Pd. selaku guru mata pelajaran Biologi SMAN 85 Jakarta menjelaskan bahwa terjadi beberapa perubahan dalam sistem mengajar, sistem penilaian dan kendala yang dirasakan selama melaksanakan kegiatan belajar mengajar saat pandemi. Hal ini dikarenakan situasi dan kondisi yang tidak dapat sepenuhnya untuk dikontrol dalam belajar siswa.

 

“Proses pembelajaran dilaksanakan secara daring, guru berupaya memberikan motivasi kepada siswa agar tetap semangat. Kendala yang ditemui selama pembelajaran luring tidak begitu besar karena langsung ditangani. Sedangkan kendala pertama, masalah kehadiran siswa, dan kedua jaringan internet atau kendala kuota. Guru mencari solusi agar siswa tetap dapat melakukan praktikum dirumah. Untuk praktikum biologi guru seperti menggunakan alat dan bahan yang terdapat di dalam rumah. Sebelum memberikan tugas, guru akan membuat video tutorial agar mempermudah siswa dalam mengerjakan” ucap Yulfitri.

 

Kami merasa senang dengan adanya mata kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1), selain menambah wawasan, menumbuhkan jati diri sebagai seorang pendidik dan dapat mengenal SMAN 85 Jakarta yang dengan disiplinnya.

=