Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA Turut Laksanakan PLP 1 di SDIT Al ‘Imaroh secara Daring di Masa Pandemi Covid-19

04 Oktober 2021 | Senin, Oktober 04, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-04T06:38:23Z

 


Serambiupdate.com Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar mengikuti Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) di SDIT Al ‘Imaroh, Cikarang Barat.

 

Kegiatan PLP 1 merupakan tahapan pertama yang dilakukan oleh mahasiswa semester 5  untuk memahami proses pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan melalui kegiatan pengamatan atau observasi dan pemagangan. Tujuan dari PLP 1 yang diadakan oleh UHAMKA ialah untuk membangun landasan jati diri pendidik serta mengetahui lingkungan atau iklim sekolah yang dituju.  Selama Pandemi Covid-19, kegiatan PLP 1 ini dilaksanakan melalui 2 cara, yaitu langsung datang ke sekolah yang dituju dan secara daring.

 

SDIT Al ‘Imaroh menjadi sasaran dalam kegiatan ini dikarenakan sekolah ini merupakan sekolah dengan nilai keislaman yang kental. Selain itu, terdapat alumni PGSD UHAMKA yang sudah mengajar di sekolah tersebut, hal tersebut menunjukan keunggulan kampus UHAMKA dalam menciptakan alumni yang unggul dan berprestasi.

 

Kegiatan PLP 1 yang dilaksanakan pada Jumat (24/09) melalui Zoom Meeting ini menggunakan metode wawancara terkait lingkungan sekolah bersama Kepala SDIT Al ‘Imaroh dan Guru pamong. Kegiatan ini tentunya dibimbing oleh salah satu Dosen PGSD UHAMKA, yaitu Prima Mutia Sari MPd dengan mahasiswa yang beranggotakan Faza Mafta Fadillah, Via Ivani, Nanda Silviana, Febriyani Rachman, Dwi Rahayu, Putri Dwi Wulandari, Dan Khoiria Triana Sari.

 

Pada saat wawancara, Kepala SDIT Al ‘Imaroh, Ali Musbihin SSosI menjelaskan bahwa terdapat beragam peserta didik yang bersekolah di SDIT tersebut dengan karakteristik yang berbeda. Selain itu, dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 terdapat kendala utama yaitu terkait dengan jaringan internet.

 

Ali memaparkan, “Sekolah ini berdiri tahun 2000 dan pada tahun 2019 mendapat Akreditasi  A dengan point 97.85. Peserta didik sangat beragam yang dikembangkan sesuai visi yaitu menyiapkan generasi yang cerdas, terampil, dan bertaqwa. Dalam mengimplementasikannya, SDIT Al ‘Imaroh melakukan penguatan karakter  siswa  dengan melakukan pembiasaan ibadah sunnah dan wajib.”

 

Ali kembali menambahkan, “Tidak hanya itu, bagi siswa yang melanggar tata tertib serta aturan sekolah tidak akan mendapat hukuman seperti lari mengelilingi lapangan, melainkan melakukan muroja’ah hafalan-hafalan yang sudah dilakukan sebagai suatu pembiasaan positif di SDIT Al ‘Imaroh.”

Sementara itu, Malihah Zulfa, selaku Guru Pamong SDIT Al ‘Imaroh, “SDIT Al ‘Imaroh melakukan pembelajaran blended, sebagian menggunakan daring dengan fasilitas WA Grup, Video Call, serta Zoom meeting. Sebagian Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat. Selain itu, kami juga melakukan home visit dengan jumlah yang terbatas,” Ucap Dengan adanya kegiatan PLP 1 ini kita mengetahui lingkungan sekolah SDIT Al ‘Imaroh yang meliputi karakteristik peserta didik, struktur organisasi sekolah, tata tertib dan peraturan sekolah, kegiatan seremonial formal, kegiatan kurikuler, kokulikuler, dan esktrakulikuler, serta pembiasaan positif yang diberlakukan di sekolah tersebut.

=