Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA Melaksanakan PLP 1 di SMAS Taman Harapan 2 Bekasi sebagai Jembatan Calon Pendidik yang Profesional

05 Oktober 2021 | Selasa, Oktober 05, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-05T05:52:34Z

 


Serambiupdate.com Mahasiswa program studi Pendidikan Biologi Uhamka yaitu Chairani Sholihah, Ayu Fadila, Farah Salsabila Nur Anti, Indah Novianti,  Fitri Hidayatin, Rizky Auliah Sulistyani, dan Farah Nur Azizah yang dinaungi oleh dosen pembimbing Yuni Astuti MPd telah melaksanakan kegiatan PLP 1 di SMAS Taman Harapan 2 Bekasi. Sekolah SMAS Taman Harapan 2 Bekasi dipilih menjadi sasaran pelaksanaan kegiatan PLP 1 karena diyakini mampu memberikan pengaruh positif serta pengalaman baik tentang dunia pendidikan kepada calon pendidik. Sehingga di masa depan dapat menjadi pendidik yang tidak hanya professional melainkan sebagai calon pendidik yang percaya diri, berwibawa, cerdas dan mampu untuk menghantarkan peserta didik menuju pintu gerbang selanjut nya. Selain itu, dari alokasi tempat SMA Taman Harapan 2 Bekasi memiliki lokasi yang strategis dan efiesien dengan tempat tinggal mahasiswa.

Pada kegiatan PLP 1 ini mahasiswa melakukan wawancara kepada Kepala Sekolah yakni Saliwon Purwoto SPd dan guru biologi yakni Ika Retnasari SSi untuk mengamati terkait (1) Kultur sekolah, (2) Struktur organisasi dan tata kelola di sekolah; (3) Peraturan dan tata tertib sekolah; (4) Kegiatan-kegiatan coremonial – formal di sekolah (5) Kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler; dan (6) Praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah pada saat kegiatan secara daring maupun tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat.

Selama masa pandemi Covid-19 SMA Taman Harapan 2 sejak awal maret tahun 2020 hingga akhir agustus tahun 2021 telah melaksanakan kegiatan pembelajaran daring atau PJJ. Kemudian, pada awal September 2021 SMA Taman Harapan 2 dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara full tatap muka, karena jumlah peserta didik pada setiap kelas terdiri dari 25-26 orang serta memiliki ruang kelas yang luas nya sekitar (7x8 m2) sehingga peserta didik tetap menerapkan protokol kesehatan di ruang kelas. Maka dari itu pembelajaran secara full tatap muka dapat dilaksanakan di SMA Taman Harapan 2,” ucap Saliwon Purwoto selaku kepala sekolah.

Pembiasaan positif di SMAS Taman Harapan 2 Bekasi diutamakan,  diantara nya melakukan pembiasaan sebelum memulai pembelajaran yaitu melaksakan tadarus bersama. Sistem  yang diterapkan untuk melaksanakan tadarus sesuai dengan situasi dan kondisi selama pandemi covid-19 serta pembiasaan tadarus ini dilaksanakan dari sebelum adanya pandemi covid-19. Selain itu, kegiatan seremonial formal yang diterapkan SMA Taman Harapan 2 Bekasi seperti upacara dan lain sebagainya. Pada kegiatan upacara diutamakan dengan tujuan untuk pembinaan dan karakter cinta terhadap tanah air,bangsa dan negara sedangkan, pada pandemi covid-19 upacara tidak dilaksanakan terkecuali upacara memperingati hari kemerdekaan Indonesia, sehingga upacara tetap dilaksakan dengan cara terbatas seperti guru dan hanya beberapa peserta didik yang mengikuti upacara kemudian kegiatan upacara dilaporkan kepada dinas Pendidikan.

Sementara itu, Ika Retnasari S.Si selaku guru biologi menjelaskan, “selama daring pada bulan mei 2021 kegiatan praktikum biologi dilakukan di kediaman masing-masing peserta didik. Saya mengintruksikan kepada peserta didik untuk membuat yoghurt sebagai tugas praktikum dengan teknik peserta didik diberikan lembar kerja siswa, kemudian peserta didik melaksanakan praktikum di kediamannya, lalu membuat video dan diupload melalui youtube oleh peserta didik, sehingga peserta didik menyerahkan hasil  praktikum dalam bentuk video. Kendala yang terdapat selama peserta didik melaksanakan kegiatan praktikum biologi di kediamannya masing-masing yaitu peserta didik tidak didampingi secara langsung oleh pendidik sehingga teknik yang dilakukan oleh peserta didik kurang maksimal”.

Maka dengan adanya kegiatan PLP 1 ini menjadikan mahasiswa untuk ikut terjun secara langsung serta menganalisis situasi dan kondisi lingkungan di sekolah SMA Taman Harapan 2 Bekasi dengan melakukan wawancara kepada pihak sekolah mengenai karakteristik peserta didik, struktur organisasi sekolah serta unsur-unsur yang terdapat di dalamnya. Pihak sekolah juga memberikan informasi mengenai pembiasaan-pembiasaan positif yang diterapkan dan juga motivasi-motivasi yang diberikan oleh Ibu/Bapak Guru maupun Kepala Sekolah.

 

 

=