Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA Melakukan Kegiatan PLP 1 di SD Negeri Larangan 1

03 Oktober 2021 | Minggu, Oktober 03, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-03T07:52:39Z


Serambiupdate.com
Mahasiswa FKIP UHAMKA pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ditugaskan untuk melaksanakan program kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 sebagai tugas wajib yang harus dilaksanakan dan hal ini sebagai pembelajaran langsung di lapangan yaitu di sekolah.

 

SD Negeri Larangan 1 menjadi sebuah objek sasaran untuk dilaksanakannya kegiatan PLP 1 ini. Dengan alasan lokasi yang cukup strategis dan terbilang cukup dengan mahasiswa yang berdomisili di daerah Tangerang. Selain itu, Kepala sekolah serta beberapa guru di SD Negeri Larangan 1 ini merupakan alumni dari UHAMKA. Dengan hal tersebut, dapat menunjukkan bahwa kampus UHAMKA berhasil mencetak generasi serta alumni yang unggul. 

 

Kegiatan PLP 1 ini merupakan sebuah tahapan awal yang dilakukan oleh mahasiswa UHAMKA semester 5 untuk memahami terkait proses pengamatan atau observasi dan pemagangan yang dilakukan, untuk mempelajari segala aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.

 

Dari hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah SD Negeri Larangan 1, Bapak Didi Sumeidi menjelaskan bahwa pada masa pandemik Covid-19 ini sekolah menerapkan tata tertib khusus bagi seluruh warga sekolah jika ada keperluan di sekolah, yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

 

 

Ketika siswa datang ke sekolah diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah disediakan.Pada intinya setiap warga sekolah yang datang ke sekolah wajib mematuhi protokol kesehatan,” ujar Dedi Sumeidi selaku Kepala sekolah.

 

 

Tidak hanya menerapkan protokol kesehatan secara ketat di sekolah, SD Negeri Larangan 1 juga memiliki segudang prestasi yang didapatkan dari ekstrakulikuler yang ada di sekolah tersebut. Sekolah ini mewadahi minat dan bakat peserta didik dengan beberapa pilihan ekstrakulikuler yang dapat diikuti seperti, taekwondo, karate, paskibra, pramuka, serta tari. Pada saat kami melakukan kegiatan observasi, ekstrakulikuler pramuka sedang mengikuti lomba secara virtual tingkat Nasional.

 

 

Tentunya melakukan kegiatan pembelajaran secara daring tidaklah mudah. Ada saja kendala yang dihadapi seperti, “Kendala yang dihadapi peserta didik yaitu berkenaan dengan kuota yang terbatas atau jaringan internet yang kurang bagus. Dan dalam pengiriman tugas ada saja siswa yang terlambat mengumpulkan dengan alasan handphone yang mereka pakai adalah milik orangtua dan handphone tersebut dibawa orang tuanya bekerja,” ujar Syahroni selaku guru kelas 5.

 

 

Meskipun ada beberapa kendala yang dihadapi pada saat proses belajar mengajar, namun kegiatan pembelajaran pun tetap berjalan dengan baik dan semestinya. Adapun beberapa upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk membangun karakteristik siswa, yaitu dengan melaksanakan kebiasaan dan pembiasaan yang meningkatkan kualitas keagamaan, kedisiplinan, dan kecerdasan peserta didik.

 

 

Melalui kegiatan PLP 1 ini, tentunya mahasiswa UHAMKA dipersiapkan untuk menjadi calon pendidik yang berkualitas, berprofesional, berkompetensi, serta berpengalaman untuk menghadapi dan mengatasi problematika yang terjadi di sekolah khususnya pada masa pandemik Covid – 19 ini. Sesuai dengan tujuan dari kegiatan Pengenalan Lingkungan Pesrsekolahan (PLP 1) yaitu untuk membentuk landasan jati diri pendidik. Serta calon pendidik pun diharapkan siap untuk terjun langsung ke sekolah dan menjadi guru yang berprofesional serta mampu memperjuangkan kemajuan dunia pendidikan.

 

 

 

=