Notification

×

Iklan

Iklan

Korean Pop dan Kampanye Love Myself

Jumat, 01 Oktober 2021 | 10/01/2021 06:29:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-01T11:29:11Z


Putri Aliffina Huwaida Nabilah

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKes UHAMKA


Monica Sulistiawati, M.Psi, psikolog dari Personal Growth mengatakan, love myself atau self-love ialah keadaan dimana seseorang dapat menerima segala kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri,menghargai diri sendiri, memberikan dukungan pada diri sendiri, berusaha berbuat baik terhadap dirisendiri, dan berusaha memaafkan diri sendiri saat berbuat salah.


Pada tahun 2017, group boyband asal Korea Selatan Bangtan Sonyeondan atau yang dikenal dengan BTS serta agensi mereka Bighit Management bekerjasama dengan UNICEF untuk menciptakan proyek kampanye bertajuk “Love Myself”. Kampanye ini bertujuan untuk mendapatkan cinta dan tempat tinggal bagi semua orang. Mereka juga berpartisipasi dalam kampanye #ENDviolence yang bertujuan untuk memastikan anak-anak dan remaja diseluruh dunia bisa hidup aman tanpa kekerasan.


Pada awal peluncuran proyek ini para member dari group tersebut memberikan pendapat mereka tentang keikut sertaan mereka pada kampanye ini. Mereka berharap dengan adalanya kapanye ini mereka dapat memberikan pengaruh positif kepada semua orang. Hanya dalam beberapa bulan saja kampanye ini diluncurkan, kegiatan ini sudah mendapatkan banyak perhatian dari seluruh masyarakat dunia yang merasa bahwa kampanye ini sangat berguna untuk merubah pola pokir kaum muda menjadi lebih percaya diri kepada dirinya sendiri.


Dengan suksesnya kampanye Love Myself ini, group BTS mendapatkan kesempatan untuk berpidato di hadapan Sidang Umum PBB ke-73 di New York, Amerika Serikat pada 24 September 2018. Mereka hadir untuk menyuarakan kembali isi pesan dari kampanye tersebut dan sebagai Duta Besar Goodwil UNICEF.


Dalam pidato tersebut, Kim Namjoon atau yang lebih dikenal dengan RM sebagai leader dari BTS mewakili pada anggota nya mengatakan ”Kami bersama UNICEF membuat program untuk melindungi anak-anak dan para remaja di seluruh dunia dari kekerasan. Penggemar kami menjadi bagian utama dari kampanye ini dengan aksi dan antusiasme mereka. Kami benar-benar memiliki penggemar terbaik di dunia ini.” Setelah itu RM bercerita tentang perjalanan karir nya dan juga karir dari BTS sendiri.


Lalu pada akhir pidato, RM mengatakan ”Setelah kami merilis album Love Yourself dan meluncurkan kampanye Love Myself, kami mulai mendengar cerita yang luar biasa dari penggemar kami di seluruh dunia, pesan bagaimana mereka mengatasi penderitaan dalam hidup dan mulai mencintai diri mereka sendiri. Cerita itu sering mengingatkan kami tentang rasa tanggung jawab. Jadi, mari kita melangkah sekali lagi. Kita harus belajar mencintai diri kita sendiri, sekarang saya ingin mendorong kalian agar berbicara pada diri sendiri. Saya akan bertanya pada Anda semua. Siapa namamu? Apa yang membuatmu bisa bangkit dan berdebar? Beritahu saya cerita itu! Saya ingin mendengar suara dan pendapatmu. Tidak peduli siapa dirimu, darimana kamu berasal, apa warna kulitmu, apa jenis kelaminmu, cukup berbicara pada dirimu sendiri. Temukan namamu, temukan suaramu dan berbicaralah pada dirimu sendiri. Siapa namamu? Bicaralah dengan dirimu sendiri!”


Saya sebagai salah satu penggemar mereka merasa bangga terhadap pencapaian mereka. Saya juga belajar untuk mencintai diri saya sendiri berkat mereka. Jadi, untuk kalian kaum muda mari kita mencintai diri kita, menghargai diri kita, dan memafkan diri kita sendiri. Karena kalau bukan kita, siapa lagi?

=