Notification

×

Iklan

Iklan

Kerang Hijau dari Teluk Jakarta Beracun Tak Layak Dikonsumsi

01 Oktober 2021 | Jumat, Oktober 01, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-01T07:10:10Z


Syifa Nurfadilah 

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka 


Kerang hijau yang banyak di jual dipasaran ternyata berbahaya dan tidak layak dikonsumsi, karena kerang hijau diyakini mengandung logam berat. Karena karakteristik kerang hijau yang hidup  di dasar laut selalu menerima atau menyaring zat yang berada di sekitarnya.


Mengapa tidak layak konsumsi? Karena teluk Jakarta telah tercemar, pabrik pabrik di sekitar teluk jakarta membuang limbahnya ke teluk jakarta, demikian alasan mengapa kerang hijau dari teluk jakarta beracun dan tidak layak konsumsi.


Lalu bagaimana nasib nelayan penjual kerang hijau?

Banyak nelayan kerang hijau yang sudah beralih pekerjaan. Namun, alih pekerjaan juga tidak menghentikan budi daya dan penjualan kerang hijau Teluk Jakarta. Banyak generasi berikutnya yang kembali membudidayakan kerang hijau di Teluk Jakarta karena tak perlu modal dan nilai penjualannya tinggi.


Upaya pemerintah dalam menanggulangi permasalahan ini

 Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta kesulitan mencegah penjualan kerang hijau dari Teluk Jakarta, meskipun itu berbahaya. Menurut Darjamuni, Dinas KPKP sudah merencanakan sejumlah cara untuk melarang penjualan kerang hijau dari Teluk Jakarta. Dinas KPKP pernah merencanakan relokasi nelayan kerang hijau di Teluk Jakarta ke Panimbang, Pandeglang, Banten. Perairan di Panimbang dinilai lebih bersih untuk budi daya kerang hijau.


Dinas KPKP bahkan menjanjikan akan membeli semua kerang hijau hasil budi daya nelayan di Panimbang. Namun, nelayan Teluk Jakarta memiliki banyak permintaan yang tidak bisa dipenuhi Pemprov DKI, seperti meminta dibuatkan rumah. Rencana relokasi pun akhirnya batal. Dinas KPKP sudah bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan untuk mengalihkan pekerjaan nelayan kerang hijau Teluk Jakarta. 

=