Notification

×

Iklan

Iklan

Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi yang Masih Belum Disuarakan

31 Oktober 2021 | Minggu, Oktober 31, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-31T15:02:29Z


Serambiupdate.com
Alimatul Qibtiyah sebagai Ketua Komisi Pendidikan Komnas Perempuan menyatakan bahwa masih banyak kekerasan seksual yang masih belum terkespos di wilayah perguruan tinggi di Indonesia.

 

"Masih banyak korban kekerasan seksual di perguruan tinggi, tapi banyak juga yang tidak melaporkannya. Jadi terlihatnya baik-baik saja," ujarnya dalam webinar Nasional Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi yang diunggah di akun youtube Universitas Ahmad Dahlan.

 

Ia pun menambahkan bahwa berdasarkan survei Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek menyatakan sebanyak 63% dari 77% dosen di wilayah kampus tidak melaporkan kasus kekerasan seksual yang diketahui mereka.

 

Alimatul Qibtiyah juga memaparkan dari beberapa korban yan melapor, diantaranya terdapat kasus diskriminasi, pelecehan fisik, dan penerimaan ucapan-ucapan yang berbau seksual.

 

Menurutnya alasan para korban tidak berani melaporkan hal terebut dikarenakan belum ada aturan yang dimana di dalamnya terdapat visi-misi yang dapat membebaskan para korban dari ancaman kekerasan seksual di perguruan tinggi.

=