Notification

×

Iklan

Iklan

Bahaya Gadget terhadap Anak

01 Oktober 2021 | Jumat, Oktober 01, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-01T13:07:51Z


Alam Tri Cahyadi

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKes UHAMKA


Pengertian gadget adalah suatu perangkat atau alat elektronik yang berukuran relatif kecil serta memiliki fungsi khusus dan praktis dalam penggunaannya. Pengertian lain dari Gadget adalah suatu benda elektronik yang berukuran kecil yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. 

Fungsi dari Gadget sebagai berikut :

1.Media Komunikasi

2.Akses Informasi

3.Media Hiburan

4.Gaya Hidup

5.Menambah Wawasan


Meskipun gadget dapat mendorong produktivitas para penggunanya, namun tentu saja ada dampak negatif yang bisa terjadi. Misalnya penggunaan gadget oleh anak-anak untuk menonton atau bermain game tanpa kontrol dari orang tuanya sehingga mengakibatkan mereka kecanduan, ada banyak hiburan, permainan, dan tayangan yang dapat diakses baik online maupun offline, anak yang sudah asyik dengan gadget biasanya lebih anteng sehingga para orang tua bisa melakukan aktivitas lain sembari anak-anak terhanyut dalam gadget, anak yang terpapar gadget biasanya akan memiliki pengetahuan lebih mengenai dunia luar dari berbagai informasi yang didapat dari gadget. Informasinya bisa macam-macam. Bisa informasi mengenai keindahan daerah di belahan dunia lain, info tentang sains, pendidikan, dan info tentang gaya.


Berikut beberapa Bahaya Gadget pada Anak :

1.Resiko Radiasi Elektromagnetik

2.Kemampuan Psikomotorik berkurang

3.Kesulitan beradaptasi dengan Pelajaran


Pecandu gadget sering kali begadang sehingga kulitas tidur nya berkurang. Kadang karena kesibukan orang tua dalam mengurus pekerjaan membuat anak menjadi kurang kasih sayang dan si anak pun mencari pelarian menghibur diri dengan cara bermain gadget. Sudah banyak Anak di Indonesia kecanduan Gadget dan mereka melakukan hal-hal yang ekstrim jika tidak diberikan gadget.  Hal ini terjadi karena orang tua yang sudah membiasakan memanjakan si anak dengan memenuhi semua yang diinginkan sang anak tanpa memikirkan akibat yang akan dialami nanti.

=