Notification

×

Iklan

Iklan

Agama yang Menyejukkan

Jumat, 01 Oktober 2021 | 10/01/2021 02:31:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-01T07:31:09Z


Retno Pertiwi 

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka 


29 September 2021 00.38

Agar agama tidak dijauhi oleh pemeluknya, maka para elite agama harus mampu menjawab tantangan-tantangan yang semakin kompleks seiring dengan perubahan zaman yang semakin cepat.Dengan demikian, umat beragama dituntut mampu memahami dan menjelaskan doktrin agama sekaligus mampu memberikan jawaban terhadap masalah kemanusiaan secara menyeluruhan seperti demokrasi, keadilan, HAM, lingkungan dan macan-macam jenis pemihakan terhadap masyarakat.Agama diturunkan oleh Tuhan untuk manusia, sementara manusia tidak bisa lepas dari ketergantungannya kepada manusia lain.


Di sinilah perlunya kita memahami tiga kesatuan relasi yaitu: relasi manusia dengan Tuhannya (hablun min Allah), relasi manusia dengan sesama manusia (hablun min al-nas) dan relasi manusia dengan alam semesta (hablun min al-’alam).


Sebagaimana adab yang memiliki ekstensi makna pembangunan peradaban. Karena itu Nabi besar Muhammad diutus oleh Tuhan ke dunia untuk memperbaiki etika akhlak ini yang sepadan dengan Ihsan, yang merupakan inti ajaran agama dan sebagai perwujudan iman dan Islam. 

=