Notification

×

Iklan

Iklan

Dampak Begadang Bagi Kesehatan

Kamis, 30 September 2021 | 9/30/2021 06:40:00 PM WIB | Last Updated 2021-09-30T11:40:40Z



Karya Deby Irma Regina Rengganis

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Banyak orang dewasa maupun anak muda yang menghabiskan malamnya dengan begadang,  sebenarnya apa sih itu begadang? Menurut KBBI begadang adalah suatu kebiasaan terjaga sampai larut malam dan tidur saat pagi datang. Mengapa orang senang begadang? Banyak anak muda yang menghabiskan malamnya untuk main handphone, mengerjakan tugas hingga larut malam bahkan sampai pagi, menonton film atau bahkan memang tidak bisa tidur atau yang biasa juga kita kenal insomnia, tak jarang pula orang dewasa yang bekerja dimalam hari guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Tapi dibalik itu semua banyak dampak buruk yang didapat dari begadang itu sendiri, pertama dalam aspek kesehatan, begadang sangat memungkinkan memiliki efek yang buruk untuk kesehatan, yang pertama adalah otak sulit berkonsentrasi, kurangnya waktu tidur dapat menurunkan konsentrasi, penalaran dalam memecahkan soal, dan menurunkan daya ingat otak. Begadang juga dapat memicu penyakit serius seperti stroke, diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit berbahaya lainnya seperti penurunan produksi hormon. Ditinjau dalam segi kesehatan wajah, begadang juga memiliki dampak yang buruk yakni dapat menyebabkan masalah wajah seperti jerawat, penuaan dini pada wajah, kantung mata besar, memiliki mata panda dan wajah menjadi terlihat pucat.

Banyak cara untuk mencegah begadang yakni, tidak tidur siang, mengurangi waktu tidur siang, tidak mengonsumsi kafein sebelum tidur, tidak makan 2 jam sebelum tidur, memasang alarm pengingat tidur, tidak bermain gadget sebelum tidur, tidur dijam yang sama setiap malamnya meskipun hari libur. Perlu diingat kembali bahwa begadang tidak baik untuk tubuh maka dari itu sebaiknya kurangi aktivitas pada malam hari jika dirasa tidak terlalu penting.


=