Notification

×

Iklan

Iklan

Berikut Tips Asah Soft Skill Bagi Mahasiswa Baru!

Jumat, 01 Oktober 2021 | 10/01/2021 11:31:00 AM WIB | Last Updated 2021-10-01T04:31:00Z

Serambiupdate.com Menjadi mahasiswa baru (maba) merupakan waktu yang tepat untuk mempelajari hal-hal baru loh. Selain ilmu-ilmu di mata kuliah, penting juga bagi mahasiswa untuk mengasah soft skills.

 

Terdapat berbagai macam soft skills atau kemampuan non teknis yang bisa dipelajari. Antara lain kemampuan komunikasi, kepemimpinan, kemampuan beradaptasi, dan kemampuan non teknis lainnya.

 

Lalu bagaimana cara mengasah soft skill bagi mahasiswa baru? Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan maba untuk meningkatkan kemampuan soft skill dikutip dari Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi @ditjen.dikti:

 

1. Mengikuti organisasi

Mengikuti organisasi kemahasiswaan akan membuat wawasan lebih luas, lebih tahu cara berinteraksi yang baik, bekerja sama dengan tim, menghargai pendapat orang lain. Dalam memilih organisasi pastikan sesuai dengan minat dan bakat.

 

2. Rajin mengikuti seminar dan workshop

Mengikuti seminar atau workshop dapat membantu maba mempelajari berbagai hal secara langsung dengan ahli di bidangnya. Penting juga untuk aktif selama kegiatan.

 

3. Terlibat dalam riset dosen

Terlibat dalam penelitian bersama dosen akan memberikan dampak yang baik terhadap keterampilan, disiplin serta komitmen sebagai mahasiswa baru.

 

4. Berpartisipasi menjadi relawan

Menjadi relawan akan membentuk kepribadian maba menjadi seseorang yang memiliki rasa simpati dan empati terhadap lingkungan. Selain itu, dapat mengembangkan beberapa soft skill lainnya seperti kerja tim, rasa percaya diri, dan juga mengatasi sebuah masalah.

=