Notification

×

Iklan

Iklan

Asupan Penting Sebelum Memulai Hari

Kamis, 30 September 2021 | 9/30/2021 06:39:00 PM WIB | Last Updated 2021-09-30T11:39:00Z



Karya Alifia Savira

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Makan pagi atau sarapan adalah hal yang sangat baik dilakukan sebelum memulai hari. Sarapan penting karena ketika kita tidur, tubuh kita berpuasa selama beberapa jam sehingga tubuh kita menurunkan metabolismenya. Sarapan berfungsi untuk memberikan sinyal kepada tubuh kita sebelum memulai suatu kegiatan. Seperti motor, tubuh kita juga perlu dipanaskan sebelum melakukan sebuah kegiatan dengan tujuan untuk mengoptimalkan performa. Sediakanlah waktu sebentar untuk sarapan agar tubuh siap.

Sering dilupakan ternyata sarapan memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat yang paling utama adalah untuk memasok energi untuk tubuh kita. Mengonsumsi sarapan pagi yang sehat akan membantu tubuh kita mendapatkan nutrisi. Banyak orang melewatkan sarapan karena takut gendut padahal sebenarnya dengan sarapan kita dapat menghindari nafsu makan berlebih di siang hari. Dengan sarapan juga kita mampu meningkatkan konsentrasi di otak. Biasanya anak sekolah yang tidak sarapan cenderung sulit fokus dan bisa jadi mereka sulit menerima materi pembelajaran. Sarapan juga bisa menghindari tubuh dari penyakit.

Sebagai asupan pertama didalam tubuh, sarapan yang kita makan harus memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh. Walaupun memiliki banyak manfaat bukan berarti kita boleh makan sembarangan makanan. Disarankan ketika makan porsi yang diasup kedalam tubuh mengandung 25% karbohidrat, 25% protein, dan 50% serat. Karbohidrat adalah sumber energi yang sangat diperlukan oleh tubuh apalagi sebelumnya kita habis berpuasa beberapa jam ketika sedang terlelap. Protein memiliki manfaat yang sama dengan karbohidrat yaitu untuk memberikan energi kepada tubuh, ternyata protein juga akan tetapi protein bertahan lebih lama di dalam tubuh sehingga tubuh mampu bertahan kenyang lebih lama. Bisa dikatakan bahwa Protein adalah sumber energi tambahan. Sementara itu serat dapat membantu tubuh dalam melancarkan pencernaan. Serat kaya antioksidan sehingga bisa melindungi sel tubuh dari polusi dan paparan sinar matahari selama kita melakukan kegiatan di luar rumah. Ternyata selain 3 gizi diatas lemak juga diperlukan oleh tubuh akan tetapi lemah tersebut adalah lemak baik. Lemak akan membantu tubuh menyerap serat yang telah dikonsumsi ketika sarapan.

Untuk memenuhi asupan di atas, kita dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang memiliki kandungan gizi cukup. Roti atau oatmeal sebagai pembangkit energi, dua makanan ini mampu membuat perut merasa kenyang dan juga untuk oatmeal sendiri mengandung antioksidan, asam lemak omega-3, folat, dan kalium yang mana akan sengat bermanfaat bagi tubuh. telur dan susu, makanan bergizi yang mengandung protein berkualitas tinggi. Greek yogurt juga sangat bagus apabila dikonsumsi pagi hari karena kaya akan kalsium dan mengandung probiotik yang membantu usus dan sistem kekebalan tubuh. Untuk serat, kita dapat mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang, apel, pir, atau alpukat yang didalamnya sudah mengandung lemak baik. Selain makan-makan tersebut kopi juga bagus diminum ketika sarapan karena kafein yang terkandung didalamnya mampu membuat tubuh terjaga dan yang terakhir teh karena teh mengandung antioksidan yang dapat menyehatkan tubuh. mulai sekarang biasakan sarapan “breakfast is the most important meal of the day”.


=