Notification

×

Iklan

Iklan

Seberapa Penting Pendidikan Kewirausahaan Bagi Pelajar?

25 Agustus 2021 | Rabu, Agustus 25, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-24T23:05:22Z



Karya Nuraini Diah Maulina

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Di negara berkembang seperti Indonesia ini, bebagai cara telah diusahakan dan dikembangkan demi memajukan perekonomian negara. Salah satunya yang sangat penting yaitu peran wirausahawan dalam pengembangan perekonomian. Suatu bangsa atau negara akan mengalami kemajuan bilamana memiliki benyak wirausahawan yang memiliki kreativitas dan dapat melakukan inovasi secara optimal yaitu mewujudkan gagasan-gagasan baru menjadi kegiatan yang nyata dalam setiap usahanya.

Selain itu, untuk memajukan taraf hidup masyarakat Indonesia, pendidikan adalah syarat penting dalam pelaksanaannya. Pendidikan formal ialah jalur atau wadah  utama seseorang untuk mendapatkan suatu ilmu atau pendidikan dan juga mengembangkan skill serta menjalin hubungan dengan masyarakat lainnya. Tujuan pembangunan pendidikan bagi masyarakat ini ialah untuk mencapai cita cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara sehingga dapat bersaing di tingkat internasional. 

Salah satu cara untuk mewujudkan cita cita tersebut ialah, dengan diadakannya pendidikan kewirausahaan di pendidikan formal. Kewirausahaan atau enterpreneurship sangatlah penting bilamana telah ditanamkan sedari dini pada warga indonesia, dan sasarannya tepatnya adalah para pelajar. Hal ini akan menghasilkan dampak nasional yang besar bila para pengajar berhasil mendidik seluruh bangku sekolah dan mampu menghasilkan empat juta entrepreneur baru dari lulusan lembaga pendidikan Indonesia selama 25 tahun mendatang.  

Dengan adanya pendidikan kewirausahaan di sekolah, pelajar akan belajar bagaimana cara memproduksi suatu produk dan memasarkannya. Tidak hanya secara teori, pelajar harus dilatih dengan melakukan secara langsung atau praktek langsung begaimana memulai suatu usaha atau bisnis. Dimulai menentukan produk, memproduksinya, dan bagaimana langkah untuk memasarkan atau menjualnya. Dengan ini, pelajarpun akan terlatih dan terbiasa dalam memulai suatu usaha sehingga, pelajar tidak hanya memiliki pengetahuan atau ilmu akademik teori saja. Tetapi memiliki skill menjadi seorang wirausahawan ataupun pebisnis. Hal ini pastinya  akan sangat bermanfaat bagi para pelajar itu sendiri. Selain memiliki kegiatan yaitu belajar formal, bilamana mereka melakukan usaha tersebut dengan konsisten maka mereka akan memiliki penghasilannya sendiri dari usahanya tersebut, dan ketika para pelajar telah lulus pun, mereka sudah memiliki bekal untuk membuka suatu usaha atau bisnis.

Terbentuknya calon pebisnis baru di sebuah negara ini menjadi penting karena akan melahirkan pebisnis-pebisnis tangguh yang akan membuat pertumbuhan ekonomi negara itu menjadi lebih baik dan memecahkan masalah masalah ekonomi seperti pengangguran, tidak meratanya lapangan pekerjaan, dan juga sikap mental wirausahawan yang buruk. Oleh karena itu, memberikan pendidikan kewirausahaan pada pelajar adalah alternatif cara yang sangat penting guna membangun perekonomian negara dengan mengembangankan SDM nya dahulu sedari dini.


=