Notification

×

Iklan

Iklan

Perempuan dan Peran Pentingnya Dalam Membangun Papua

30 Agustus 2021 | Senin, Agustus 30, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-30T03:58:29Z

Serambiupdate.com Perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam proses membangun Papua. Oleh sebab itu, negara harus terus mengupayakan peningkatan edukasi bagi perempuan Papua.

 

Staff Ahli Kantor Presiden, Dr Rini S Moduow, menyampaikan, salah satu hal yang menjadi permasalahan di Papua adalah perempuan. Untuk itu, lanjutnya, perlu adanya penguatan bagi perempuan Papua untuk bisa mengambil peran dalam pembangunan melalui pendidikan.

 

Lebih lanjut Rini menambahkan,  seorang perempuan bisa meningkatkan pendidikan dengan belajar di luar.  Setelah itu, mereka kembali ke lingkungan masyarakat  dan membangun Papua.

 

“Pendidikan adalah kunci untuk meningkatkan kapasitas dan peran perempuan Papua dalam pembangunan di Papua,” ujar Rini saat menjadi pembicara di webinar bertajuk Lets Talk About Papua yang diadakan Perhimpunan Eropa Untuk Indonesia Maju atau yang disingkat PETJ, Sabtu (28/8). 

 

Baginya, di masa pemerintahan Presiden Jokowi, telah terjadi perubahan yang luar biasa di Papua. Banyaknya pembangunan infrastruktur di Papua seperti jembatan, jalan trans Papua, dan lainnya yang patut dibanggakan.

 

Terlebih, setelah 20 tahun sejarah  perjuangan Papua tumbuh dalam  ekonomi, SDM di Papua khususnya bagi  perempuan. "Dengan banyaknya pembangunan di Papua, seperti infrastruktur.  Yang menjadi pertanyaan apakah mereka siap menerima perubahan atau belum.  Pembangunan infrastruktur menjadi prasyarat penting sebelum membangun manusianya. "Perempuan Papua sudah banyak berkiprah di berbagai bidang,” kata Rini. 

 

Sementara itu, guru SMK Negeri 1 Pariwisata Jayapura, Mathilda Pattiselanno menyampaikan perasaan bangganya. Menurutnya, perempuan Papua semakin mendapat tempat untuk berkarya dan tidak kalah dibanding dengan anggota masyarakat lainnya.

 

“Perempuan Papua sudah banyak menempati posisi-posisi penting di berbagai organisasi atau instansi,” ujar Mathilda.

 

Menurutnya, perempuan Papua punya peran strategis dalam semua  lini di Papua. Dia menambahkan, perempuan Papua adalah aset penting bagi pembangunan Papua.

 

Karena pada hakikatnya, perempuan Papua bisa memberikan warna bagi Papua, pemberdayaan dan pembangunan. "Perempuan Papua itu bekerja dengan hati atau takut dengan Tuhan. Jadi, ketika perempuan manjadi pemimpin. Maka dalam gaya kepemimpinannya, menempatkan dirinya sebagai ibu. Jadi, tidak ada bawahan yang ada adalah memperlakukannya seperti  anaknya. Mereka di sekolah sangat bahagia. Harapannya, ke depan perempuan Papua lebih maju bangun Papua," kata dia. 

=