Notification

×

Iklan

Iklan

Monitoring Penggunaan Gawai pada Anak

12 Agustus 2021 | Kamis, Agustus 12, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-12T05:23:30Z


Serambiupdate.com
Dr Rose Mini Agoes Salim, Psikolog dari Universitas Indonesia (UI) mengatakan, orang tua harus lebih memberi perhatian terkait penggunaan gawai pada anak selama menjalankan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah. Ia mengingatkan agar penggunaan gawai disesuaikan dengan kebutuhan.

 


"Sekarang belajar di rumah banyak menggunakan konten internet, maka penggunaan gawai hendaknya sesuai dengan kebutuhan saja," kata dia.

 


Mini juga menyarankan agar orang tua tetap memberikan pendampingan ketika anaknya belajar lewat gawai. Sebab, jika ditinggal begitu saja, ada risiko penyalahgunaan gawai.

 


Di samping pengawasan, Mini menganjurkan agar kesehatan mata anak pun diperhatikan dalam kaitannya dengan penggunaan gawai. Sebaiknya, ponsel atau tablet yang dipakai untuk mengakses konten pelajaran dihubungkan ke laptop atau komputer agar lebih jelas.

 


"Jika menggunakan gawai ukuran layarnya lebih kecil," kata Mini.

 


Orang tua dan anak pun perlu membuat kesepakatan mengenai durasi penggunaannya gawai serta peruntukannya. Dengan begitu, anak tetap disiplin memakai gawai.

 


Selanjutnya, terkait dengan materi pembelajaran yang diberikan guru saat belajar dari rumah, Mini mengatakan hal itu tidak semestinya menjadi beban bagi anak ataupun orang tua. Ia merekomendasikan agar materinya sudah diringkas atau tidak banyak. Penggunaan aplikasi konferensi video pun sebaiknya tidak dilakukan setiap hari.

 


"Kelihatan menjadi beban karena anak harus membuatnya sendiri. Kebetulan dia kadang-kadang bertanya ke orang tua, tapi tiap kali anak bertanya tiap kali itu juga orang tua marah. Akibatnya ini jadi beban," katanya.

 


Padahal, jika kegiatan pembelajaran jarak jauh tersebut dilakukan sesuai stimulasi dari guru yang telah disusun untuk mengasah kemampuan anak, sebenarnya tinggal menjalaninya saja. Menurut Mini, untuk anak yang usianya sudah besar kemungkinan bisa diberi kesempatan untuk mencobanya sendiri, sementara untuk yang masih kecil bisa dibimbing atau dibantu, terutama saat perlu menyambungkan ke konten internet, misalnya Zoom dengan gurunya.

 


Rose mengatakan, "Intinya semua bisa melakukan itu tanpa merepotkan orang tua. Tapi kadang orang tua yang menciptakan standar ganda, yakni tidak boleh salah sehingga anak disuruh ulang saat salah."

 


Standar yang dipatok orang tua, menurut Mini, terkadang menjadi pemicu stres pada anak. Sisi psikologis bisa terpengaruh saat belajar di rumah. (TS)


=