Notification

×

Iklan

Iklan

Mengenal Lebih Jauh Pendidikan 4.0

30 Agustus 2021 | Senin, Agustus 30, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-30T11:48:06Z



Karya Choirina Rahmawati

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Dalam 250 tahun terakhir, masyarakat telah mengalami empat Revolusi Industri yang membawa banyak perubahan. Perubahan dalam industri harus memiliki dampak langsung pada cara membangun sistem pendidikan untuk para siswa maupun mahasiswa saat ini. Jika tujuannya untuk menciptakan siswa yang dapat menjadi anggota tenaga kerja yang berharga dan sebagai pemecah masalah yang mandiri, paradigma pendidikan perlu dibangun kembali di setiap revolusi baru di masyarakat. Kita harus meninjau kembali paradigma pendidikan dan fokus pada bidang-bidang yang perlu dipikirkan kembali. 

Dalam dunia baru teknologi yang berubah dengan cepat dan informasi yang berlebihan, siswa perlu dilatih dan tidak diajar. Informasi harus dapat diakses dan siswa perlu belajar bagaimana menemukannya dibanding dengan guru atau dosen yang menawarkannya kepada mereka. Karena biasanya jika guru atau dosen yang menawarkannya kepada para terdidik cenderung dalam struktur yang kaku. Biasanya siswa akan lebih sulit memahami jika struktur penyampaiannya cenderung kaku.

Pendidikan 4.0 perlu disejajarkan dengan Industri 4.0 dan mempersiapkan siswa untuk revolusi industri berikutnya yang mendatang. Dengan adanya industri 4.0, maka perubahan  teknologi di tempat kerja akan berubah sehingga pendidikan juga perlu dirubah. Lulusan yang memiliki keterampilan digital yang baik akan sangat dibutuhkan dan lebih banyak dicari. Oleh karena itu, sangat diwajibkan agar setiap individu mengikuti perkembangan teknologi.

Jika dikaitkan dengan kondisi pandemi seperti saat ini. Anda sebenarnya telah menerapkan Pendidikan 4.0, mengapa demikian? Hal ini dibuktikan dengan sistem pembelajaran e-learning. Sistem ini didukung dengan mengharuskannya pembelajaran yang menggunakan teknologi. Medianya seperti komputer, laptop, gadget, kemudian mengakses sistem untuk pembelajaran online.

Nah jadi sangat penting sekali untuk kalian semua ketahui bahwa mengikuti perkembangan teknologi itu sangat besar dampaknya terhadap masa depan. Jadi, mari manfaatkan waktu dengan baik. Pelajari apa yang harusnya dipelajari dan tinggalkan hal-hal yang tidak penting. Tetap jaga kesehatan dan tetap ikuti protokol kesehatan 

=