Notification

×

Iklan

Iklan

Kurangnya Kesadaran Masyarakat Terhadap Kebersihan

30 Agustus 2021 | Senin, Agustus 30, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-30T11:57:25Z



Karya Putri Fiorentina

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Sampah merupakan suatu benda yang tidak ternilai atau tidak berharga yang ada disekitar lingkungan kita dan masyarakat sekitar kita. Sampah di Indonesia  merupakan masalah yang sangat serius dan juga menjadi masalah social, ekonomi dan budaya. Dan hamper disemua kota di Indonesia mengalami kendala dalam mengelola sampah. Hal ini terjadi karena pengelolaan TPA (tempat pembuangan akhir) disebuah kota lahannya masih kurang sehingga masyarakat/warga banyak membuang sampah disungai, bahkan banyak berserahkan dipinggir jalan.

Membuang sampah sembarangan sudah menjadi kebiasaan atau tradisi bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Dikatakan dengan kebiasaan karena memang sering banyak sekali warga yang masih kurang kesadarannya terhadap lingkungan sekitarnya yang selalu membuang sampah tidak pada tempatnnya. Terkadang tempat sampah sudah tersedia namun masyarakat seolah-olah tidak melihatnya dan malah membuat sampah tidak pada tempatnya (sembarangan).

Sebenarnya dalam konsep alam tidak ada yang namanya sampah, yang ada hanya material yang dihasilkan setelah dan selama proses alam berlangsungpada masa atau era sekarang ini sampah  dan permasalahan yang terkait dengan sampah tidak dapat diselesaikan secara menyeluruh.

Padahal seluruh masyarakat banyak yang menginginkan dan mendambakan memiliki lingkungan hidup yang bersih, nyaman dan terhidar dari berbagai penyakit, namun dari masyarakat itu sendiri yang tidak menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masyarakat itu sendiri. Dan ketika terjadi adanya lingkungan yang tidak bersih dan sering terjadi banjr masyarakatpun menyalahkan pemerintah. Apakah hal tersebut patut sepenuhnya disalah ke pemerintah??

Pemerintah sebenarnya sudah sering memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya, namun masyarakat itu sendiri yang tida sadar atas dampak yang akan terjadi terhadap lingkunnya sendiri. Dan untuk mengatasin kebiasaan masyarakat tersebut, pemerintah harus melakukan sosialisasi yang rutin, agar masyarakat bisa terus belajar dari dampak buruk yang terjadi akibat kurang sadarnya terhadap lingkungannya.


=