Notification

×

Iklan

Iklan

Dampak Teknologi Dalam Pendidikan

Selasa, 24 Agustus 2021 | 8/24/2021 08:38:00 PM WIB | Last Updated 2021-08-24T13:38:28Z



Karya Sindy Yustia 

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari kita sering jumpai adanya pemanfaatan dari perkembangan Teknologi dalam dunia pendidikan, seperti yang sering dilakukan oleh guru atau dosen yaitu mengkombinasikan alat teknologi dalam peroses pembelajaran. Namun demikian, teknologi itu tidak hanya mendatangkan manfaat positif, melainkan juga akan dapat mendatangkan dampak negatif, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak positif dengan semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari dan ke seluruh dunia menembus batas ruang dan waktu. Dampak negatifnya yaitu terjadinya perubahan perilaku, etika, norma, aturan, atau moral kehidupan yang bertentangan dengan etika, norma, aturan, dan moral kehidupan yang ada pada masyarakat.

Karena adanya pandemi covid-19 kini sekolah ataupun kuliah di adakan dalam bentuk virtual.Semua pembelajaran di laksanakan menggunakan teknologi dan aplikasi, dan karena itu siswa/i wajib mempunyai teknologi canggih berupa handphone atau pun laptop agar tidak tertinggal informasi dari sekolah. Akan tetapi cara seperti itu banyak di salah gunakan oleh siswa sekolah dasar maupun menengah dan terdapat beberapa dampak negatif seperti bermain game , menonton vidio yang tidak pantas di tonton ,dan sulit untuk fokus terhadap pelajaran.

Tetapi teknologi dalam pendidikan juga membawa pengaruh positif  seperti akses informasi yang luas, dengan teknologi, kita dapat merasakan akses informasi yang cepat dan luas. sebelum adanya internet, proses belajar antara siswa dan guru hanya dapat dilakukan melalui materi yang ada di buku-buku pelajaran. Metode belajar-mengajar semacam ini dianggap tidak efektif karena hanya memberikan informasi satu arah. Sekarang, kamu bisa mendapatkan akses begitu banyak referensi belajar berupa data, suara, dan video dari mana saja dan kapan saja.

 Kedua Meningkatkan sifat kolaboratif, jika salah satu peranan teknologi terhadap pendidikan adalah mendorong sistem pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif. Hal ini dapat di rasakan saat belajar online di masa pandemi COVID-19 ini. Belajar online di rumah, secara psikologis, membuat sifat kolaboratif yang baik untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar, Pahamifren. Apalagi, dengan sarana belajar online,bisa bertanya kepada guru secara privat melalui aplikasi chatting. Hal ini sangat baik buat kamu dan gurumu, agar bisa menilai perkembangan pemahaman para siswa. Manfaat internet di bidang pendidikan lainnya adalah memperluas batasan ruang kelas. Dengan adanya akses internet, kini lingkungan belajar tidak lagi memiliki batasan. Selain itu, hal-hal yang dapat kamu pelajari tidak hanya terbatas pada materi pelajaran saja, kamu juga bisa belajar berbagai macam pengetahuan untuk menambah wawasanmu. Misalnya, pada masa pandemi COVID-19 ini kamu bisa mengikuti perkembangan penelitian mengenai vaksin COVID-19 dari para dokter yang ada di media sosial. Kamu bahkan bisa berkomunikasi dengan para dokter tersebut mengenai hal-hal yang terkait penelitian vaksin COVID-19, baik melalui media sosial mereka ataupun email dan berbagai forum online.


=