Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan UMKM di Tengah Pandemi melalui Riset Terapan dan Pendidikan Vokasi

16 Juli 2021 | Jumat, Juli 16, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-18T13:29:26Z

 

Serambiupdate.com Pendidikan vokasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki keterkaitan yang erat karena menjadi tumpuan dalam membuka lapangan pekerjaan sekaligus menciptakan sumber daya manusia yang andal. Pendidikan vokasi yang berorientasi pada keahlian menciptakan sumber daya manusia (SDM) siap kerja. Sementara sektor koperasi dan UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Sayangnya, pandemi Covid-19 memberikan dampak signifikan terhadap ketahanan sektor UMKM.

 

Ketua Umum CEO Business Forum, Jahja Sunarjo menyampaikan bahwa dari 64 juta UMKM di Indonesia, sekitar 78% sudah di ambang kesusahan. “UMKM kita sedang menghadapi tantangan yang sangat berat 15-16 bulan menghadapi pandemi. Dan pemerintah sudah habis-habisan mempertahankan ekonomi, tapi ternyata tidak cukup,” ujar Jahja dalam webinar Riset Keilmuan Terapan Pendidikan Tinggi Vokasi dengan tema “Solusi Riset Terapan Vokasi Untuk Resiliensi UMKM” seperti dikutip dalam keterangan yang diterima Jumat (16/7/2021).

 

Jahja menyampaikan bahwa sektor yang harus menjadi prioritas untuk diselamatkan saat ini adalah UMKM dan koperasi karena keduanya menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dalam 5-10 tahun ke depan. “Kekuatan ekonomi tidak akan lagi bergantung pada konglomerasi, tapi pada koperasi dan UMKM,” tutur dia.

 

Di sisi lain, Jahja menambahkan, di saat pandemi ini banyak lulusan politeknik, sekolah menengah kejuruan (SMK), dan universitas yang tidak tertampung. “Lebih baik mereka kembali ke daerah masing-masing dan menjadi motor UMKM di sana sehingga UMKM kita menjadi lebih tangguh dan memiliki manajerial yang lebih baik. Dan digitalisasi juga akan lebih cepat terjadi karena generasi muda ini yang akan membawa perubahan ke daerahnya masing-masing,” tuturnya.

 

Director of Business & Marketing SMESCO Indonesia, Wientor Rah Mada mengatakan, digitalisasi menjadi salah satu cara membuat UMKM di Indonesia lebih resilience dan survive.

 

Menurut Wientor, di seluruh kementerian/lembaga di Indonesia ada sekitar 3.000 program yang semuanya bertujuan untuk meng-onboarding-kan UMKM ke digital. Karenanya, ia optimistis pada tahun 2024 jumlahnya menjadi 30 juta. Kalau para UMKM sudah memanfaatkan digital untuk bisnis, maka hasilnya akan signifikan terhadap penjualan UMKM itu sendiri.

 

Selain digitalisasi, kemampuan riset juga menjadi salah satu syarat UMKM untuk dapat berkembang dan berekspansi. Sayangnya menurut Wientor, para UMKM ini sudah terlalu sibuk dengan produksi mereka sehingga tak sempat untuk riset. “Karena itu, untuk membantu proses riset mereka, dibutuhkanlah pihak ketiga seperti dari vokasi atau akademisi,” ujar Wientor.

=