Notification

×

Iklan

Iklan

Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Jumat, 09 Juli 2021 | 7/09/2021 11:30:00 PM WIB | Last Updated 2021-07-16T10:27:32Z

Karya Rina Sabaniah

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris  FKIP Uhamka


Tahun ini, proses pembelajaran di semua lembaga pendidikan tiba-tiba terganggu. Itu karena pandemi Covid-19. Untuk mencegah penyebaran yang cepat dari gangguan ini, masyarakat harus menjaga jarak fisik dengan hanya tinggal di rumah, termasuk belajar dari rumah (pembelajaran online). Sebagian besar lembaga pendidikan menyajikan pembelajaran online dengan perangkat lunak gratis melalui alat seperti komputer dan handphone. Oleh karena itu, sebagai orang tua mari kita temani anak untuk belajar di rumah. Ini adalah tipsnya.


Orang tua dapat menguasai perangkat teknologi yang digunakan dari sekolah (zoom, google meet, google classroom, whatsapp, dll). Orang tua membutuhkan pengetahuan tentang perangkat teknologi yang digunakan untuk belajar di rumah karena ini adalah sarana utama belajar di rumah. Orang tua harus menguasainya dan menunjukkan kepada anak agar tidak bingung saat belajar di rumah. Sehingga orang tua dapat menjadi fasilitator bagi anak-anaknya. Orang tua sebagai sarana dan prasarana bagi anaknya dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh.


Orang tua menciptakan suasana yang lebih menyenangkan. Orang tua sebaiknya memilih ruangan yang nyaman, tenang, dan memiliki pencahayaan yang baik. Serta menghindari ruangan yang di dalamnya terdapat mainan atau televisi karena dapat mengganggu konsentrasi. Orang tua dapat membuat ruang belajar lebih nyaman, unik dan berbeda dari sebelumnya. Orang tua menata ruangan agar tidak membosankan, bisa ditambah dengan lukisan, foto, hiasan dinding, atau musik santai, serta ditambah dengan makanan yang enak dan sehat untuk menjaga keseimbangan tubuh di masa pandemi Covid-19.


Orang tua menjadi teman belajar yang keren bagi anak. Peran orang tua dalam mendidik anak untuk belajar di rumah tidak seperti yang diinstruksikan guru, tetapi lebih baik menjadi teman yang menyenangkan bagi anak yang bisa lebih dekat dengan orang tuanya. Orang tua juga bisa menjadi teman curhat bagi anak-anaknya. Setelah anak-anak berpikir itu menyenangkan dan akrab dengan orang tua mereka, itu akan lebih baik. Maka ilmu yang diberikan dari orang tua akan lebih cepat diimplementasikan oleh anak.


Di masa pandemi Covid-19, orang tua harus tetap mendidik anaknya untuk belajar di rumah dengan baik. Orang tua dapat melakukannya dengan menguasai teknologi yang digunakan dari sekolah. Orang tua menciptakan suasana yang lebih menyenangkan agar anak tidak bosan. Dan orang tua juga bisa menjadi teman belajar yang menyenangkan bagi anak. Orang tua melakukan cara ini, tujuannya agar tetap semangat saat belajar di rumah dan tetap sehat.


=