Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Belajar Bahasa Asing secara Daring di Era Pandemi

09 Juni 2021 | Rabu, Juni 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-06-16T02:44:52Z

Karya Nurul Jannah

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Di masa pandemi COVID-19 ini membuat semua aktivitas terhalang dan terbatas, termasuk aktivitas belajar pembelajaran di sekolah. Dengan situasi sekarang kegiatan menimba ilmu sangatlah sulit untuk dilakukan, termasuk belajar bahasa asing. Untuk mendapatkan pembelajaran bahasa asing, kita harus berinteraksi dengan orang-orang pandai berbahasa asing yang ada di sekitar kita. Tentunya hal itu dibatasi karena pandemi yang sedang terjadi di penjuru dunia.

Di era sulit seperti pandemi COVID-19 ini, untuk menjaga kemampuan berbahasa asing memang tidak mudah. Untungnya, pembelajaran bahasa asing secara daring atau online telah tersedia di banyak platfrom. Terdapat banyak platform pelajaran bahasa asing yang bisa diakses gratis, mulai dari aplikasi sampai video atau media lainnya. Jika ingin mengakses lewat aplikasi, bisa dikunjungi Babbel, Duolinggo atau Tandem language exchange. Terdapat banyak juga pelajaran bahasa inggris yang dinikmati lewat platfrom lain seperti Youtube atau Instagram, seperti laman Conversational Korean dan English With Lucy.

Beberapa cara belajar bahasa asing  juga dengan mudah kita terapkan di era pandemi COVID-19 ini. Seperti buat catatan yang berisi kosa kata yang tidak dipahami kemudian dipelajari lebih lanjut, mendengarkan lagu berbahasa asing, menonton film berbahasa asing, membaca buku dan temukan kosa kata baru di sekitar kita. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kita harus melakukannya dengan sepenuh hati dan mengulang kembali.

Dalam ini, penggunaan gawai dan internet untuk pembelajaran digital memiliki arti dan dampak yang positif. Namun, zaman instan bukan berarti pembelajaran bahasa asing pun dapat dilakukan secara 'instan'. Tetap dibutuhkan proses hingga seseorang menguasai apa yang sudah dipelajari.

 

Berikut beberapa tips agar belajar bahasa asing secara daring dapat memberikan hasil yang maksimal. Pertama adalah pastikan koneksi internet aman dan bagus agar tidak terjadi buffering yang mematahkan semangat belajar. Kedua adalah manajemen waktu, tentukan batas waktu yang tepat agar tidak bosan, berada di tempat yang nyaman selama belajar dan komitmen untuk tetap fokus. Ketiga adalah menggunakan platform belajar bahasa asing yang telah disebutkan di atas sesuai dengan kenyaman diri sendiri. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan fasih dalam berbahasa asing. Yang keempat adalah latihan dan praktik. Kunci utama dalam belajar bahasa asing adalah latihan dan praktik, semakin kita bersemangat untuk melakukan itu akan menghasilkan yang baik juga.

 

Demikianlah beberapa tips yang dapat dipelajari untuk meningkatkan kemampuanmu dalam berbahasa asing. Jangan jadikan pandemi COVID-19 sebagai pembatas dan penghalang semangatmu untuk terus belajar bahasa asing ya. Manfaatkan waktu yang tersedia dengan baik maka hidupmu akan terasa lebih bermakna daripada sebelumny, karena hasil tidak pernah mengkhianati usahanya.


=