Notification

×

Iklan

Iklan

Peran Guru Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Covid-19

12 Juni 2021 | Sabtu, Juni 12, 2021 WIB | Last Updated 2021-06-14T06:54:58Z



Karya Niswatun Uma Nabila

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Mengajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik. Belajar terjadi sebagai proses interaksi antara guru dan peserta didik. Pandemi menimbulkan tantangan khusus bagi pendidik karena dalam situasi ini pembelajaran dilakukan secara online. Tentu saja, hal ini merupakan tantangan baru bagi pendidik, mulai dari metode pengajaran hingga individu di setiap mata pelajaran yang diajarkan oleh masing-masing guru. Terjadinya virus corona menyebabkan ditiadakanya kegiatan di sekolah dan menggantinya dengan pembelajaran jarak jauh baik untuk guru maupun murid.  Belajar jarak jauh di rumah berarti orang tua atau pengasuh memiliki peran penting untuk memantau kegiatan anak di rumah selama sekolah diliburkan. Kondisi pembelajaran pada masa pandemic Covid-19 ini dilakukan melalui system pembelajaran daring (dalam jaringan) yang merupakan system pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung anatar guru dan siswa tetapi dilakukan online yang menggunakan jaringan internet.


Guru harus dapat memfasilitasi pembelajaran jarak jauh secara daring/online dengan muridnya. Maka dari itu, guru dituntut mampu merancang dan mendesain pembelajaran daring melalui presentasi melalui video, slide presentasi animasi, atau memanfaatkan perangkat lainya yang sesuai dan tepat dengan materi yang diajarkan. Walaupun dengan pembelajaran daring akan memberikan kesempatan lebih luas dalam mengeksplorasi materi yang akan diajarkan, namun guru harus mampu memilih dan membatasi sejauh mana cakupan materinya dan aplikasi yang cocok pada materi dan metode belajar yang digunakan. Apalagi guru yang memiliki anak ia mampu mengajarkan anaknya sendiri dan mengajarkan anak muridnya yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh, sungguh mulia pekerjaan guru pada masa pandemic ini.


Guru dan peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh ini dapat menggunakan laptop atau smartphone. Pembelajaran jarak jauh ini guru mengupayakan pembelajaran yang berbeda dan berpusat pada peserta didik sehingga mendorong keterampilan peserta didik. Guru sebagai pengelola kelas jarak jauh memiliki peran dalam merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan dan megevaluasi proses pembelajaran jarak jauh. Peserta didik dapat mempelajari bahan belajar yang diberikan dengan mengunduh, mengerjakan dan mengunduh tugas. Melakukan diskusi dengan topik yang diberikan. Maka dari itu peran guru dan siswa harus sama besarnya agar pembelajaran jarak jauh berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat. Hal tersebut juga menunjukan bahwa, peran guru dalam memotivasi siswa semakin dibutuhkan agar siswa tetap terjaga minat dan keaktifanya dalam kegiatan pembelajaran.

=