Notification

×

Iklan

Iklan

Menghadapi Perubahan dari Online Menuju Offline

24 Juni 2021 | Kamis, Juni 24, 2021 WIB | Last Updated 2021-06-24T06:34:10Z



Karya Fatimah Az Zahra

Mahasiswa FKIP Uhamka

Adanya wancana untuk membuka kembali sekolah serta memulai kembali pembelajaran tatap muka ini, mungkin disambut bahagia oleh sebagian orang, ataupun terdapat sebagian lain yang kurang menyukai wacana tersebut. Hal tersebut di sebabkan karena, orang sudah sangat jenuh dengan pembelajaran seperti ini, ataupun alasan sebagian yang lain adalah karena pembelajaran online dinilai lebih memudahkan.


Walaupun wacana tersebut masih belum pasti kebenarannya, dan haarus ditindak lanjuti, namun tak salah jika kita mempersiapkan diri kita, seandainya memang betul pembelajaran tatap muka akan diadakan dalam jangka waktu dekat. Dari mulai peralatan sekolah seperti buku, pulpen, dan yang lainnya, Mental kita juga harus dipersiapkan untuk menghadapi pembelajaran tatap muka. Terlebih pembelajaran yang kita lakukan satu tahun belakangan ini, sebetulnya membuat para murid kesulitan memahami materi pelajaran.


Masih terdapat waktu untuk kita mempersiapkan diri. Waktu yang tersisa ini haruslah kita manfaatkan untuk melatih diri, jika pembelajaran tatap muka benar diperakukan dalam jangka dekat. Mungkin kita harus membiasakan diri untuk memulai semuanya dari hal kecil, seperti mengatur waktu, yang mungkin dalam setahun belakangan ini suka begadang, mulai sekarang waktu tidurnya harus diperbaiki kembali. Atau mungkin yang setahun ini melakukan sekolah online tanpa berkemas rapi dan mandi, maka cobalah untuk membiasakan kembali  itu semua.


Apapun yang dilakukan bertujuan untuk menyiapkan diri sekiranya pembelajaran tatap muka akan berlangsung dalam jangka waktu dekat. Supaya kitapun tak kaget dengan apa yang akan kita hadapi kedepannya.


=