Notification

×

Iklan

Iklan

Belajar dari Hanan dan Irfan, Pemuda Sumbar Peraih Nilai Sempurna UTBK 2021

24 Juni 2021 | Kamis, Juni 24, 2021 WIB | Last Updated 2021-06-24T07:16:29Z

 


Serambiupdate.com  Muhammad Irfan dan Muhammad Hanan, dua siswa peraih nilai sempurna atau 1.000 untuk program Saintek mengaku bukan termasuk siswa yang masuk ranking 3 besar di sekolah. Namun, siswa MAN Insan Cendekia Padang Pariaman tersebut justru meraih nilai sempurna pada UTBK 2021. 


Hanan meraih nilai sempurna atau 1.000 untuk mata pelajaran Matematika dan Kimia. Sementara Irfan meraih nilai sempurna atau 1.000 untuk mata pelajaran Kimia. Kini, Hanan telah diterima di Jurusan Teknik Informatika Filkom Universitas Brawijaya (UB) sementara Irfan diterima di Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UB.


“Saya dari kecil suka mata pelajaran Matematika dan Kimia. Saya juga bukan termasuk siswa yang berprestasi. Peringkat saya hanya 10 besar di sekolah,” cerita Hanan seperti dirangkum dari laman UB, Kamis (24/6/2021).


Begitu juga dengan Irfan, dia bercerita bahwa dirinya juga bukan termasuk siswa dengan peringkat tiga besar di sekolah. “Di sekolah termasuk anak yang biasa aja, tidak juara kelas, setiap tahun selalu dapat ranking belasan,” kata Irfan.


Soal bimbingan belajar, Hanan dan Irfan mengaku hanya sekali mengikuti bimbingan belajar.


“Kalau bimbel, saya baru pertama kali bimbel pas semester 2 kelas 12 selama 1 bulan. Waktu itu ada kerja sama bimbel dengan pihak sekolah, jadi saya ikuti itu . Sebelum- sebelumnya saya belum pernah ikut bimbel,” kata Hanan.


Meski bukan termasuk yang terpandai di sekolah, Irfan mengaku sudah jatuh cinta dengan Kimia sejak duduk di bangku kelas 10. Hal ini yang membuatnya terpilih menjadi wakil sekolah untuk mengikuti olimpiade Kimia di Tingkat Provinsi Sumatera Barat.


“Motivasi belajar saya selain karena kelak ingin membahagiakan orang tua saya juga ingin suatu saat bisa meraih prestasi lomba tingkat nasional. Kalau bisa pas di kampus nanti jadi anak berprestasi yang bisa memenangkan lomba tingkat nasional,” katanya.


Meskipun saat ini Hanan dan Irfan sudah diterima di jurusan favorit masing-masing, mereka berharap dengan kuliah di UB kelak bisa mendapatkan pekerjaan layak yang bisa bermanfaat untuk semua orang terutama orangtua mereka.

=