Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat Mengkonsumsi Brokoli

09 Juni 2021 | Rabu, Juni 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-06-16T02:37:23Z


Karya Rina Sabaniah

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Mengkonsumsi brokoli sangat baik untuk kesehatan tubuh kita karena brokoli adalah jenis sayuran hijau yang kaya vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Sayuran yang dihasilkan dari tanaman Brassica oleracea ini masih terkait dengan kembang kol dan kangkung. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.


Berikut ini beberapa manfaat dari mengkonsumsi brokoli. Mengkonsumsi brokoli dapat mencegah kanker. Di dalam brokoli terkandung sulforaphane. Zat ini yang memberikan rasa pahit pada brokoli. Kandungan zat ini diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, seperti kanker usus besar dan kanker paru-paru. Selain itu, antioksidan di dalam brokoli juga didapat berpengaruh dalam mengurangi peradangan. Ini dapat menjaga kesehatan sel tubuh dan mencegahnya berubah menjadi kanker.


Mengkonsumsi brokoli juga dapat menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan persendian, serta mencegah osteoporosis, sehingga membuat tulang keropos. Hal ini karena brokoli banyak mengandung kalsium, fosfor dan vitamin K. Khasiat Ini memainkan peran penting dalam menjaga kepadatan mineral tulang (yang juga mengandung tingkat zat besi yang baik). Vitamin K dan kalsium juga membantu menjaga kesehatan gigi dan membantu melawan osteoporosis.


Manfaat lain mengkonsumsi adalah dapat mencegah keriput. Brokolimampu melindungi kulit dari kerusakan dan kanker akibat sinar UV. Karna brokoli mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C. Seperti yang kita semua tahu, vitamin ini membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi. Brokoli juga dipercaya dapat mencegah kerutan dan membantu memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.


Dengan mengkonsumsi brokoli kita dapat merasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. seperti mencegah penyakit kanker, menjaga kepadatan tulang, serta dapat mencegah keriput. Brokoli menyimpan banyak sekali manfaat dan khasiat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengetahui berbagai manfaat brokoli untuk kesehatan, ada baiknya jika kita mengkonsumsi brokoli secara rutin.
=