Notification

×

Iklan

Iklan

Soal Ujian Bocor, 48 Siswa SMPN 1 Jember Ulangi Ujian

07 Mei 2021 | Jumat, Mei 07, 2021 WIB | Last Updated 2021-05-07T13:37:14Z

 


SerambiUpdate.com 48 siswa kelas IX SMP Negeri 2 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terpaksa menjalani ujian sekolah ulang, Jumat (7/5/2021). Hal itu disebabkan karena terdapat soal ujian yang bocor.


"Ujian dua mata pelajaran itu sendiri sebenarnya sudah dilaksanakan kemarin sesuai jadwal. Masing-masing berlangsung selama dua jam. Kurang lebih ada tiga kelas, 48 anak yang ikut ujian ulang Matematika dan IPA,” kata Kepala SMP Negeri 2 Subarno.


Subarno tidak tahu dari mana bocoran soal ujian tersebut. “Masih belum dikembangkan,” katanya.


Berdasarkan informasi yang diterima, bocornya soal itu terungkap setelah ada gerak-gerik salah satu siswa yang mencurigakan. Pengawas pun mendatanginya dan menemukan ada ponsel di laci siswa tersebut yang berisi data jawaban ujian.


Belakangan ini diketahui bukan hanya siswa tersebut yang memegang bocoran soal dan jawaban. Terdapat pula siswa yang tidak bawa ponsel di ruang kelas namun menuliskan jawaban di lembaran kertas kecil. Usut punya usut ada puluhan siswa yang memiliki bocoran tersebut, sehingga sekolah memutuskan untuk melakukan ujian ulang.


Para siswa tersebut tidak akan mendapat sanksi. Namun mereka harus menjalani ujian ulang hari ini. “Kemarin memang ada siswa yang menangis kepada orang tuanya. Tapi tidak (ada sanksi). (Ujian ulang) ini untuk menanamkan pendidikan karakter kepada anak supaya kejujuran diutamakan. Jangan sampai mengulang kembali hal-hal seperti itu,” kata Subarno.


SMP Negeri 2 selama ini dikenal sebagai sekolah favorit di Jember. “Biasanya hal-hal seperti ini tidak muncul di SMP 2. Kok baru ini muncul. Penekanan terhadap kejujuran dan tanggung jawab nomor satu di SMP 2,” kata Subarno. (FHA)

=