Notification

×

Iklan

Iklan

Tantangan Pembelajaran di Indonesia saat Pandemik Covid-19

20 April 2021 | Selasa, April 20, 2021 WIB | Last Updated 2021-04-20T12:16:28Z

 Sintia Devi, Mahasiswa Uhamka

 Pendidikan di Indonesia selama dampak pandemi Covid-19, pemerintah menetapkan pembelajaran dengan jarak jauh(PJJ) atau daring dan menggunakan sistem online. Teknologi yang semakin canggih menyadarkan kita akan potensi luar biasa internet yang belum dimanfaatkan sepenuhnya dalam berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Tanpa batas ruang dan waktu, kegiatan pendidikan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun melalui daring atau online.

 

Meskipun secara formal kegiatan pendidikan bisa dilakukan secara daring tetapi siswa dan mahasiswa belum sepenuhnya bisa mencakupi fasilitas yang memadai yaitu sering terkendala dimasalah koneksi internet yang lambat, dan banyak beberapa siswa dan mahasiswa sering mengalami masalah tersebut. sekolah daring berdampak besar bagi siswa di daerah terpencil untuk penyampaian internet nya masih sangat terbatas dan belum lagi bagi siswa atau mahasiswa kurang mampu terkendala alat penghubung pelajaran atau alat komunikasi.

 

Kegiatan pendidikan dilakukan secara daring, dimana yang terjadi hanyalah proses pembelajaran, dan transfer pengetahuan yang sangat terbatas. Bahkan akses informasi bagi pelajar yang tinggal di daerah terpencil sanget terbatas, diliput dari berita media sosial ada beberapa pelajar yang rela menempuh jarak berkilo-kilo meter untuk mendapatkan jaringan atau signal demi mengikuti pelajaran. Tidak hanya pelajar yang kesulitan dengan pembelajaran jarak jauh seperti ini, orang tua siswa pun banyak yang mengeluh kewalahan karena tidak efiesien, tidak efisien karena sering terhambat signal.

 

 Mereka harus bertahan dengan kondisi yang serba keterbatasan seperti ini.Mereka tak punya alasan, pelajar harus tetap aktif mengikuti pelajaran demi memenuhi standart penilaian.itulah beberapa dampak yang dialami saat pembelajaran jarak jauh. Dibalik dampak tersebut juga terdapat dampak positif dari pendidikan di indonesia, pendidik atau pelajar mendapatkan dampak positifnya dapat menguasai  teknologi yang sangat berkembang untuk menunjang pendidikan untuk kedepannya.

=