Notification

×

Iklan

Iklan

Permasalahan Pendidikan Di Daerah Tertinggal

14 April 2021 | Rabu, April 14, 2021 WIB | Last Updated 2021-04-22T01:39:09Z


(Della Aulia Rahmadani/ Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka)

Serambiupdate.com Permasalahan khususnya dibidang pendidikan di daerah tertinggal ataupun terpencil bukanlah hal yang asing lagi untuk didengar. Terlebih lagi di Indonesia sendiri banyak wilayah-wilayah terpencil dengan akses yang sangat sulit bahkan bisa membahayakan diri sendiri adalah salah satu cara untuk melalui wilayah tersebut. Sehingga banyak anak-anak di Indonesia khususnya di wilayah tersebut tentunya sudah tertinggal cukup jauh didalam bidang pendidikan.

 

Namun untuk pemerataan di tingkat pendidikan diwilayah terpencil bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi banyak poin penting yang harus dibahas dan juga dilakukan guna terlaksananya pemerataan pendidikan tersebut.

1. Poin penting tentang pendidikan di daerah terpencil

Pendidikan diindonesia selama ini sebenarnya terus berusaha diupayakan dengan melakukan pemenuhan melalui penempatan guru-guru dengan status PNS baru untuk ditempatkan di daerah terpencil tersebut, akan tetapi pada kenyataannya banyak guru yang enggan untuk mengajar dengan berbagai macam alasan jika ditempatkan ke daerah terpencil tersebut, salah satunya adalah akses lokasi yang sulit untuk dijangkau.

 

2. Aspek lain yang menjadi sangat berpengaruh dalam Pendidikan di daerah terpencil

Berikut aspek yang menjadi penghambat sebagaimana susahnya pendidikan masuk kedalam suatu wilayah yang terpencil.

A. Akses lokasi yang sulit untuk ditempuh.

B. Pihak pihak yang harus terlibat demi terlaksananya pendidikan.

C. Berbagai upaya demi terjangkaunya pendidikan didaerah tersebut.

 

Oleh karna itu kita sebagai generasi muda penerus bangsa, khususnya generasi yang akan menjadi pendidik. Harus mempunyai tekad dan juga keinginan untuk mensejahterakan anak anak diwilayah terpencil tersebut dengan pendidikan. Utamanya adalah “ faktor dari  akses yang dilalui “. Mengapa? Karena akses yang sulit dilalui adalah faktor yang biasa dijadikan alasan utama khususnya bagi para PNS baru yang diberi tanggung jawab untuk menjalankan kewajibannya sebagai guru diwilayah terpencil tersebut.

 

Dan banyak pihak pun harus saling bahu membahu untuk bekerja sama, mensejahterakan anak anak di wilayah terpencil dengan pendidikan. Tidak hanya pemerintah, namun juga masyarakat, organisasi kemasyarakatan, dan yang lainnya harus saling membantu ketertinggalan pendidikan untuk anak anak didaerah tersebut.

=