Notification

×

Iklan

Iklan

Pendidikan Karakter Dikalangan Mahasiswa

16 April 2021 | Jumat, April 16, 2021 WIB | Last Updated 2021-04-22T00:38:36Z


(Astri Indriani / Mahasiswa B. Inggris FKIP Uhamka)

Serambiupdate.com Pendidikan merupakan salah satu pilar yang ikut membantu membangun peradaban Bangsa. Keberadaan suatau bangsa dapat di tentukan dengan karakter yang ada di dalamnya. Bangsa yang mempunyai karakter yang kuat mampu menjadi bangsa yang bermartabat dan dihargai oleh bangsa lain. Bangsa yang berkarakter merupakan tujuan bangsa Indonesia, pendidikan Nasional memiliki fungsi untuk mengembangkan keahlian dan menciptakan karakter serta peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Pendidikan karakter di Indonesia sebenarnya sudah bukan hal asing lagi bagi masyarakatnya. Karakter seseorang terbentuk sejak usia dini yang dapat dipengaruhi dari genetik dan lingkungan sekitarnya. Proses pembentukan karakter mampu mempengaruhi cara seseorang tersebut melihat diri hingga lingkungannya dan akan tergambar dalam kehidupan sehari-harinya. Universitas merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang penting dalam mengembangkan karakter.

 

Kenapa pendidikan karakter penting bagi mahasiswa? Karena pendidikan karakter bertujuan untuk memperkuat akhlak dan moral bagi mahasiswanya. Karna menurut saya kepandaian dalam akademik saja tidak cukup tanpa adanya moral dan karakter yang baik, supaya saat nanti mahasiswa turun ke masyarakat berkemungkinan kecil terjadinya penyalahgunaan ilmu yang dipelajari saat sekolah. Meski saat ini sudah terlihat jelas banyak orang-orang yang sudah diberi kepercayaan malah menyalahgunakan keahliannya, salah satu contohnya korupsi bahkan sampai menjadi teroris.

 

Seandainya saja mereka memiliki akhlak dan moral yang kuat, mungkin hal tersebut tidak akan terjadi. Oleh sebab itu, kita sebagai generasi baru harus mampu menjadi teladan karakter yang sukses, yaitu karakter yang jujur, bertanggung jawab, bekerja keras supaya mencapai tujuan yang kita inginkan, dan selalu bersyukur dengan apa yang sudah di berikan. Karna dimasa depan nanti hanya membutuhkan orang-orang yang memiliki karakter yang baik.

=