Notification

×

Iklan

Iklan

Pendidikan di Masa Pandemi

15 April 2021 | Kamis, April 15, 2021 WIB | Last Updated 2021-04-22T01:05:15Z


(Mitha Aulia / Mahasiswa Uhamka)

Serambiupdate.com Sejak satu tahun lalu dunia dilanda pandemi Covid-19. Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019,Penyakit yang menular melalui sistem pernafasan ini juga menyebar sangat cepat melalui interaksi sosial. Oleh sebab itu, di Indonesia sejak pertama kali dinyatakan kasus pertama covid 19 ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dikeluarkannya kebijakan ini berdampak besar bagi kinerja pemerintah serta produktifitas sosial masyarakat baik di bidang politik, ekonomi, hingga dunia pendidikan.

 

Perubahan yang terjadi di dunia pendidikan akibat kebijakan ini ialah penutupan sekolah, madrasah bahkan universitas. Dengan begitu mendorong ada reformasi dalam sistem pendidikan indonesia yang dulunya Konvensional atau tatap muka, berubah menjadi Daring. Semua lapisan elemen di dunia pendidikan dituntut untuk menggunakan teknologi dan memanfaatkanya secara maksimal agar tetap berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.

 

Mulanya semua merasa kesulitan dalam menghadapi perubahan ini, baik dosen, guru, murid atau bahkan orang tua yang kini keterlibatanya sangat diperlukan. Penggunaan teknologi sebagai media belajarpun beragam dalam menunjang proses mengajar, ada aplikasi tatap muka seperti zoom, google meet, skype, lalu ada google clasroom, google form sebagai media tugas. Namun, tak sedikit juga yang berlomba menciptakan aplikasi baru, website resmi universitas misalnya ada OLU dari Uhamka Ada SPADA dari Universitas lain dan masih banyak lagi.

 

Masalah yang dihadapi pun kian pelik ketika indonesia belum berkeadilan atas teknologi yang merata di seluruh peloksok negeri, banyak yang bahkan masih belum tersentuh internet atau fasilitas penunjangnya yang belum dimiliki seperti laptop, handphone, wifi dan lainya.

 

Kini sudah setahun pandemi kita hadapi, dan pendidikan masih terus berjuang, berinovasi dan berkontribusi secara maksimal untuk tetap menjalankan amanat undang-undang dalam mencerdaskan basang dan di situasi seperti ini, tambahan tugasnya ialah mengedukasi pentingnya menjaga kesehatan, dan mematuhi anjuran pemerintah.

 

=