Notification

×

Iklan

Iklan

Pandemi Penghambat Ekonomi

21 April 2021 | Rabu, April 21, 2021 WIB | Last Updated 2021-04-21T23:54:29Z


(Rizky Amanda Putri/ Mahasiswa Uhamka)

Seambiupdate.com Wabah virus Covid- 19 menjadi pandemi global dalam waktu yang cukup singkat, kurang dari 5 bulan virus ini sudah menyebar ke berbagai Negara di dunia, termasuk Indonesia. Virus Covid-19 ini membuat melumpuhnya aktivitas manusia di penjuru dunia sehingga manusia merasa asing oleh negaranya sendiri karena pergerakannya dibatasi. Kelumpuhan pada segi ekonomi semakin parah dengan adanya lockdown terhadap aktivitas ekonomi masyarakat.

 

Pandemi Covid-19 ini sudah ada sejak tahun lalu yang mengakibatkan krisis ekonomi di berbagai dunia, terutama Indonesia. Di Indonesia sendiri hal ini menjadi masalah yang sangat besar karena diskoneksi antara ekonomi, manusia dan lingkungan dalam strategi pembangunan Indonesia. Dari awal masa pandemi hal ini cukup dirasakan oleh semua masyarakat Indonesia, khususnya yang bekerja di perusahaan seperti pabrik dan perusahaan lainnya. Banyak karyawan yang menjadi pengangguran karena terkena PHK.

 

Rata- rata karyawan yang terkena PHK adalah masyarakat menengah ke bawah sehingga mereka mengalami kesulitan dalam hal keuangan. Walaupun pemerintah sudah banyak memberikan bantuan untuk masyarakat, bantuan tersebut berupa kebutuhan bahan pokok atau uang. Tetapi masih ada oknum- oknum yang menghalalkan segala cara untuk melakukan kecurangan, seperti mengurangi jumlah atau kualitas dari barang yang akan diberikan kepada masyarakat.

 

Padahal ketahanan pangan sangat diperlukan pada masa pandemi seperti sekarang. Sehingga peran Kementerian Koperasi dan UMKM diperlukan untuk mendata dan membina pelaku usaha kecil yang kemudian disinergikan dengan kebutuhan Kementerian Perindustrian saat memberdayakan pelaku usaha mikro ke dalam kegiatan industri para pengusaha. Stimulus dari pemerintah untuk membantu industri kecil dan sektor informasi melewati masa pandemi sangat diperlukan. Harapannya, sektor riil akan mulai bergerak dan secara perlahan masyarakat kembali memiliki daya beli dan bisa membuka lapangan pekerjaan.

 

=