Notification

×

Iklan

Iklan

Ekonomi Indonesia Di Masa Pandemi

12 April 2021 | Senin, April 12, 2021 WIB | Last Updated 2021-04-22T02:15:36Z


(Sindy Yustia / Mahasiswa Uhamka)

Serambiupdate.com Berdasar Berita Resmi Statistik yang dirilis oleh BPS, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal II-2020 anjlok, terkontraksi hingga 5,32%  sedangkan Kuartal I-2020 terkontraksi sebesar 4,19% . Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia Semester I-2020 dibandingkan dengan Semester I-2019 terkontraksi 1,26%.

 

Kenapa perekonomian indonesia tahun 2020 bisa di katakan anjlok ,karena dimasa pandemi banyak perusahaan-perusahaan dan pabrik-pabrik kehilangan rekan bisnis mereka sehingga pemasukan dan pengeluaran perusahaan tidak seimbang.Bahkan di masa pandemi ini banyak sekali perusahaan yang mengeluarkan karyawannya untuk menyeimbangkan pemasukan dan pengeluran perusahaan.Sehingga pemerintah harus memberikan bantuan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan berupa sembako ataupun uang tunai agar masyarakat bisa tetap bertahan hidup di masa pandemi ini.

 

Di masa pandemi, sektor pertanian juga semestinya mampu menjadi penopang ketersediaan pangan bagi masyarakat. Ironisnya Indonesia masih harus impor beras mencapai jutaan ton setiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Sektor pertanian yang menjadi ciri khas sebuah negara agraris makin terdesak, tergeser oleh sektor lain yang dipandang lebih mentereng dan menjanjikan.Sebagai contoh, sektor pertanian masih di pandang sebelah mata oleh kaum milenial,mereka lebih memilih bekerja di sektor lain yang lebih menghasilkan dari pada sektor pertanian.Padahal nyatanya sektor pertanian pun penting untuk negara indonesia karena jika bukan kaum milenial siapa lagi yang akan meneruskan sektor tersebut.

 

Untuk meningkatkan kembali perekonomian indonesia semua masyarakat harus meningkatkan kualitas diri.Maksudnya adalah mengasah kemampuan , mengembangkan passion , dan berani mencoba hal-hal baru yang berhubungan dengan industri.Selain mengasah kemampuan cara untuk meningkatkan perekonomian indonesia adalah dengan cara mengelola sumber daya alam, Pengelolaan sumber daya alam yang baik sebenarnya bisa dimulai dari lingkungan sendiri. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi penggunaan energi dan tidak merusak sumber daya alam yang ada di sekitar kita.

 

=