Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FAI Uhamka bersama LPPM berikan Penguatan Keuangan Syariah di Era Digital

13 Maret 2020 | Jumat, Maret 13, 2020 WIB | Last Updated 2021-04-20T16:35:20Z


Serambiupdate.com
Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam UHAMKA bersama LPPM UHAMKA mengadakan kegiatan prnguatan wawasan keuangan yariah pada era digital melalui Focus Group Discussion bagi Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Jakarta Selatan (12/03/2020). Dan Bertujuan untuk mensosialisasikan ekonomi syariah dalam pengelolaan keuangan untuk masyarakat setara mahasiswa.


"Perlunya Pengelolaan Keuangan secara Islami dan proses perencanaan keuangan (menilai situasi keuangan, identifikasi tujuan, desain rencana keuangan, melaksanakan rencana keuangan, evaluasi) sehingga mahasiswa dapat mengetahui bahwa implementasi ekonomi syariah agar tidak hanya terfokus pada kegiatan perbankan saja." Ujar Mitra Sami Gultom selaku ketua kegiatan pengabdian masyarakat ini.


Karena Mahasiswa harus bisa dalam memanajemen atau mengatur keuangan mereka karena mereka sebagai inovator dalam perrkonomian dan kemajuan negara suatu saat nanti.


Kegiatan ini berpusat pada penanaman wawasan bagi mahasiswa mengenai pengaturan keuangan syariah dan perencanaan penggunaan keuangan sesuai dengan aturan islam berjalan dengan modernisasi keuangan dunia. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2020, bertempat di posko Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jakarta selatan. Diikuti oleh 45 peserta baik anggota maupun pengurus. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode focus grup discussion. Pertama-tama pemateri menjelaskan tentang ekonomi islam dan perbedaannya dengan ekonomi konvensional. 


Berlanjut penjelasan mengenai pengaturanturan dan perancanaa keuangan secara Islam. Setalah dijelaskan oleh pemateri kemudian peserta mengajukan pertnyaaan. Dan peserta juga diajak melakukan simulasi tentang perencanaan dan pengaturan keunagan secara syariah.


Kegiatan ini sangat bermanfaat dan diharapkan dapat berjalan dengan baik untuk kedepannya. Karena melalui kegiatan pelatihan keuangan syariah modern seperti ini dapat melatih mahasiswa serta masyarakat dalam mengatur perencanaan dan penggunaan keuangan mereka secara baik dan benar sesuai dengan perkembangan ekonomi modern yang didasari hukum syariat islam. Keberhasilan kegiatan ini juga tidak lepas dari komitmen LPPM UHAMKA bekerja sama dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakulitas Agama Islam UHAMKA bersama kalangan jajaran Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jakarta Selatan dalam membenahi dan mengatur keuangan modern yang syariah dan sesuai dengan aturan dan ajaran islam. (GJF)

=