Notification

×

Iklan

Iklan

Antiradikalisme Melalui Pendidikan Sekolah

Selasa, 13 Desember 2022 | 12/13/2022 10:07:00 AM WIB | Last Updated 2022-12-13T03:07:02Z


Serambiupdate.com Aksi teroris seperti yang terjadi di Astana Anyar Mapolres Kota Bandung pada Rabu (12/07/2022) memaksa semua pihak memikirkan cara yang paling ampuh untuk menumpas terorisme. Dengan demikian, tindakan serupa tidak akan terjadi lagi di masa mendatang.

 

Tina Wiryawati selaku anggota DPRD Jabar, mengatakan penyebaran radikalisme yang mengarah ke terorisme harus diwaspadai sejak dini. Diantaranya, pendidikan di sekolah atau perguruan tinggi.

 

Sekolah juga harus membekali siswa dengan pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan. Sekolah juga harus meminimalisir pemikiran siswa, baik SMP, SMA, dan SMA. Hal ini diugkapkannya di Bandung Minggu (12/11).

 

“Memahami bahaya terorisme juga bisa dimasukan ke dalam setiap materi ajar sekolah dengan mengemasnya secara bijak dan sesuai dengan usia siswa,” ujar Tina.

 

Ia mengatakan, kegiatan program sosialisasi Empat Pilar Kewarganegaraan yang dilakukan anggota masyarakat, misalnya, merupakan salah satu upaya pemberantasan ekstremisme dan terorisme.

 

"Saya berharap bagian itu dapat ditambahkan untuk membuat operasi lebih besar

berlaku untuk kelompok masyarakat,”tutur Tina.

 

Dirinya menambahkan, program pemberantasan terorisme yang lebih relevan bagi masyarakat umum berdasarkan usia dan tingkat pendidikan dapat berdampak positif bagi aksi kontraterorisme di negeri ini.

DYL_RPH

=