Notification

×

Iklan

Iklan

Uhamka Tampilkan Inovasi Terbaharu di Muktamar Fair dan MITE

Sabtu, 19 November 2022 | Sabtu, November 19, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-18T23:30:56Z


Serambiupdate.com
- Universitas Muhammadiyah Prof. Dr HAMKA (Uhamka) turut memeriahkan acara Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 yaitu Muktamar Fair dan Muhammadiyah Innovation Technology Expo (MITE) yang. Muktamar Fair dan MITE merupakan fair terbesar dalam sejarah Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah yang digelar dalam rangka memasarkan produk dan pengembangan teknologi untuk dapat menampilkan dan memperlihatkan sejauh mana perkembangan Uhamka, acara ini digelar di De Tjolomadoe Karanganyar, Jum’at (18/11).

Oktarina Heriyani selaku Wakil Dekan II menciptakan beberapa inovasi berupa Kincir Air Sudu Mengayun, Alat Penyulingan Minyak Atsiri, Sepeda bantu disabilitas, Sipedro, dan Inovasi Aplikasi pendeteksi kematangan alpukat. Dirinya menjelaskan mengenai Kincir Air Sudu yang merupakan alat pengganti tenaga listrik PLTA.


“Kincir air ini sangat efisien karena dikembangkan oleh water fill yang mempunyai pembaruan di dalam bentuk sudunya, dan kerja kincir air ini sangat bergantung pada sudu yang bekerja. Sudu ini lah yang menghasilkan gerakan sangat besar dan dapat mengatur aliran air yang dikonversikan menjadi energi listrik,” ujarnya.


Dirinya berharap dari inovasi yang diciptakan ini dapat memudahkan kegiatan masyarakat di pelosok pedesaan yang kesulitan listrik dengan menggunakan air sebagai pembangkit tenaga listrik.


“Dari inovasi yang diciptakan ini diharapkan dapat membantu segala kegiatan masyarakat dari aliran air terutama irigasi yang dapat diubah menjadi energi listrik sehingga pemerataan penggunaan energi listrik bisa sampai ke pelosok pengganti PLTA dengan memanfaatkan tenaga air sebagai tenaga listrik yang mudah didapatkan ,” tuturnya.


Hendi Saryanto selaku dosen Fakultas Teknik Industri dan Informatika (FTII) juga menambahkan harapannya terhadap inovasi yang dipamerkan, “Dari banyaknya masyarakat yang mengunjungi pameran ini dan memberikan beberapa masukan hal ini dapat lebih mengoptimalkan sebuah karya yang sudah kita ciptakan, dengan sendiri nya pula masyarakat akan mengenal Uhamka yang mampu mengeluarkan inovasi dan akan banyak siswa-siswa dan mahasiswa yang mau berkuliah di Uhamka karena dapat melahirkan karya karya yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

×
Berita Terbaru Update