Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut Hari Pahlawan, Uhamka Harapkan Hamka Muda Teruskan Perjuangan Para Pahlawan

Kamis, 10 November 2022 | Kamis, November 10, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-10T07:14:17Z


Serambiupdate.com
- Hari ini adalah bagian tak terpisahkan dari sejarah perjuangan kemerdekaan  para pendahulu. Mereka adalah bapak bangsa yang mengajarkan arti penting keteguhan dan pengabdian bagi nusa dan bangsa. Para pendiri bangsa adalah putra terbaik yang telah meletakkan dasar-dasar kebangsaan dan telah mengantarkan Indonesia tumbuh menjadi kekuatan dunia.

 

Hari Pahlawan Nasional yang diperingati setiap 10 November adalah hari penting untuk mengenang jasa pahlawan terdahulu yang gugur dalam membela Tanah Air dan Tema Hari Pahlawan 2022 saat ini adalah "Pahlawanku, Teladanku".

 

Sejarah singkat peristiwa 10 November tercantum dalam Pedoman Hari Pahlawan Tahun 2022 yang diterbitkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). Hari Pahlawan bermula dari pertempuran Surabaya pada tanggal 10 November 1945 menelan banyak korban hingga mencapai 20 ribu jiwa. Itu adalah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

 

Berdasarkan peristiwa tersebut, Presiden Soekarno pun mengambil keputusan, yaitu menetapkan Hari Pahlawan sebagai hari bersejarah dan tertulis dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Salah satu poin dalam keputusan tersebut tertulis bahwa 10 November merupakan Hari Pahlawan Nasional yang diperingati oleh bangsa Indonesia.

 

Dalam hal ini, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) juga merupakan penggunaan nama dari pahlawan ulama besar Prof. DR. Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) yang telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 7 November 2011 lalu. Prof DR HAMKA merupakan sosok ulama yang berintelektual, sastrawan yang piawai, serta mubaligh Muhammadiyah yang ulung.

 

Prof Gunawan Suryoputro selalu Rektor Uhamka berpesan kepada Hamka Muda (sebutan untuk mahasiswa Uhamka) agar dapat meneruskan perjuangan para pahlawan kita terdahulu yang sudah memperjuangan tanah air dan mengharumkan nama bangsa Indonesia sehingga menjadi merdeka seperti sekarang ini.

 

"Pada saat ini, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Saya berpesan kepada Hamka Muda (sebutan untuk mahasiswa Uhamka) agar dapat meneruskan perjuangan para pahlawan kita terdahulu dengan sikap dan tindakan yang positif. Hal ini sebagai bentuk meneruskan perjuangan para Pahlawan. Serta tidak lupa akan sosok Buya Hamka sebagai Pahlawan Nasional dan ditetapkan pula pada nama institusi kita yaitu Uhamka," ujar Gunawan.

×
Berita Terbaru Update