Notification

×

Iklan

Iklan

Rektor Uhamka, Komitmen menjadi Sebuah Hal Penting untuk Meraih Akreditasi Unggul

Jumat, 18 November 2022 | Jumat, November 18, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-18T00:49:33Z


Serambiupdate.com
 - Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) merupakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah yang telah terakreditasi unggul. Sebagai kampus PTMA yang telah terakreditasi unggul, Uhamka tentu berbagi pengalaman dan ilmu agar PTMA lain di Indonesia mencapai akreditasi unggul.

Rektor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro penuhi undangan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) selama di Surakarta untuk berbagi keunggulan kampus Uhamka dalam acara UMKTalks yang dipandu oleh Budi, Kamis (17/11).


Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka mengatakan, Uhamka masuk kategori 4 PTMA yang telah terakreditasi unggul. Ia menambahkan, Uhamka sebagai PTMA yang sudah unggul tentu akan membantu PTMA lainnya agar menuju unggul.


"Terkait keunggulan Uhamka terdapat dalam visi yaitu mencerdaskan secara spiritual intelektual dan sosial yang berbasis nilai-nilai profetik. Uhamka juga menciptakan bibit-bibit yang pandai berinovasi dengan dosen mampu menghilirisasi risetnya menjadi hak paten," tutur Prof Gunawan.


Selaras dengan misinya Muhammadiyah, Uhamka telah menjalankan benchmarking dan memiliki jaringan di ASEAN diantaranya Malaysia, Thailand, Vietnam dan Kamboja. Di asia Uhamka bermitra dengan Jepang dan juga di Eropa. Lalu, di Uhamka sendiri terdapat program-program mahasiswa betul-betul membangkitkan pemberdayaan masyarakat. Selanjutnya, Prof Gunawan menjelaskan terkait akreditasi Unggul yang bisa dicapai dengan semangat dan mutu yang tetap terjaga, diantaranya adalah eratnya pegangan terhadap komitmen yang harus menjadi acuan pimpinan untuk tidak hanya bertahan namun terus maju.


“Dalam hal akreditasi Unggul, kata kuncinya ada pada komitmen terhadap pengelolaan, dalam hal ini pimpinan harus berkomitmen dengan mempunyai visi misi yang sama dan tidak hanya bertahan namun  harus terus maju dengan komitmen itu maka nantinya akan memiliki kebijakan-kebijakan yang sudah tertulis dalam sebuah garis start,” tutur Prof Gunawan.


Prof Gunawan juga mengungkapkan bahwa Muktamar Muhammadiyah akan menghasilkan keputusan dan uhamka akan mendukung  penuh hal ini. Ia juga berharap agar uhamka bisa terus meningkatkan kualitas dalam mempersiapkan kekuatan ekonominya.


“Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiah yang sedang dilakukan ini akan menghasilkan keputusan yang akan berpengaruh terhadap internasionalisasi Lembaga dan Uhamka akan mendukung penuh hal ini. Saya juga berharap agar Uhamka bisa terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mempersiapkan kekuatan ekonominya,” ujar Prof Gunawan.

×
Berita Terbaru Update