Notification

×

Iklan

Iklan

MTsN Padang 3 Gelar Lokakarya dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Selasa, 08 November 2022 | Selasa, November 08, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-08T10:00:19Z



Serambiupdate.com Sebagai upaya mendukung penuh program merdeka belajar, dalam rangka pemulihan pembelajaran yang berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan teknologi, Helmi  selaku Kakanwil Kemenag Sumbar hadir membuka Lokakarya di MTsN 3 Padang yang berlokasi di Lubuk Minturun, Jumat, (4/11).

 

Helmi selaku Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumbar menjelaskan, Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) membentuk, mengevaluasi, menyusun program kerja, program kerja kepala madrasah serta mewujudkan tim kerja.

 

Dalam sambutan, ada tiga hal pokok yang dikedepankan Helmi dihadapan peserta lokakarya, diantaranya mutu pendidikan yang perlu ditingkatkan, dan pengambangan mutu pendidikan secara maksimal, dan terakhir potensi yang tinggi dibidang akademik dan non akademik.

 

“Pertama, kalau ingin meningkatkan mutu pendidikan, maka mutu tenaga pendidik dan kependidikan harus ditingkatkan. kedua, Pendidikan itu menggali, mengembangkan mutu peserta didik secara maksimal, Ketiga, mewujudkan potensi pendidikan dibidang akademis dan nonakademis,” ujar Helmi

 

 

Dalam sambutan Kakanwil Helmi juga menyebut pendidik merupakan penentu dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, khususnya pendidikan karakter, "Tenaga pendidik sangat berpengaruh dalam mencerdaskan serta sumber inspirasi dan selalu berinovasi sehingga banyak melahirkan prestasi," jelas Helmi dalam arahannya.

 

 

Kakanwil mengajak para pendidik untuk mensosialisasikan metode test karakter pada siswa agar diketahui dan diarahkan pada metode belajar merdeka.  "Tentunya nanti kita akan mengeksplore materi kurikulum merdeka ini." Ujarnya. 

 

Nurhidayati Selaku Kepala sekolah MTsN 03 kota Padang menjelaskan KMB merupakan konsep yang dibuat agar siswa mendalami minat dan bakat siswa. Program ini sebagai konsep dan implementasi dari pemerintahan dibawah naungan kementrian agama. 

 

"Sinkronisasi perjanjian kerja dan program kerja kakanwil serta Kemenag juga program kerja walikota,"jelas kepala sekolah MTsN 03 kota Padang. 

 

Begitupun terkait program keagamaan mengelola pembinaan keagamaan pada siswa, seperti program pembinaan harian berupa shalat jumat, zuhur, duha, dan infak rutin.

 

Harapannya, kegiatan lokakarya ini bisa sesuai dengan capaian target yang diharapkan. Sehingga tahun ajaran 2023/2024 MTsN bisa mengadopsi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran. 

 

Turut membersamai Kakanwil, Kakankemenag Kota Padang Edy Oktafiandi, dalam kegiatan yang bertemakan Implementasi Kurikulum Merdeka Langkah Nyata Pemulihan Pembelajaran Menuju Madrasah Mandiri Berprestasi.

 

Sebelumnya Kakanwil dan rombongan disambut dengan tari Pasambahan Siriah Jo carano dibawah binaan Kamad MTsN 3 Padang Nurhidayati. Hadir pada kegiatan Pengawas, Pemateri lokakarya dan puluhan peserta.

DYL_RPH
×
Berita Terbaru Update