Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Kreativitas dalam Menulis RPP Kurikulum Merdeka, Tim Dosen PBSI FKIP Uhamka Adakan Pelatihan

Minggu, 02 Oktober 2022 | Minggu, Oktober 02, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-02T01:45:14Z

Serambiupdate.com
- Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SD Muhammadiyah 1 Cisalak.

Kegiatan ini diketua oleh Nini Ibrahim dengan dibantu oleh Ihsana El Khuluqo dan Nur Amalia sebagai anggota. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 9 (sepuluh) guru, kepala sekolah, 2 (dua) mahasiswa program doktor, dan operator sekolah. 

Kegiatan ini merupakan wujud pengabdian dosen-dosen Uhamka, khususnya PBSI FKIP Uhamka dalam mengedepankan integritas kedosenan untuk mengamalkan ilmu dan pengalamannya agar bermanfaat.

Dalam sambutannya, Nini Ibrahim mengungkapkan bahwa RPP Kurikulum Merdeka atau model ajar digunakan untuk mengarahkan kegiatan belajar mengajar dalam upaya mencapai capaian pembelajaran yang telah ditentukan sesuai dengan arah dan tujuan kurikulum Merdeka yang berlaku. 

"Seorang guru perlu menguasai dan mampu menulis RPP Kurikulum Merdeka dengan baik agar pembelajaran lebih sistematis, memudahkan menyampaikan materi, memudahkan untuk dan menganalisis keberhasilan belajar siswa, serta dapat merancang sebuah metode pembelajaran yang disenangi siswa," tutur Nini.

Terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu permintaan sekolah yang ingin mengembangkan wawasan dan pengetahuan, serta kreativitas guru-guru agar dapat menyesuaikan dengan kurikulum yang berkembang saat ini. Untuk itu, Tim pengabdian masyarakat PBSI FKIP Uhamka telah menyiapkan tips dan trik yang menarik dan mudah diterapkan bagi guru-guru dalam meningkatkan kreativitas dalam menulis RPP Kurikulum Merdeka melalui pelatihan. 
 
Harapannya, materi dan pelatihan yang telah diberikan dapat diterapkan dan mampu menghasilkan luaran berupa artikel yang dipublikasikan dalam jurnal terakreditasi nasional.

×
Berita Terbaru Update