Notification

×

Iklan

Iklan

Misbahuddin Ungkap Kegiatan Workshop di Sulbar Untuk Meningkatkan Kualitas Madrasah

05 Oktober 2022 | Rabu, Oktober 05, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-05T03:07:16Z



Serambiupdate.com Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan kegiatan workshop penilaian mutu penyelenggaran pendidikan madrasah.

 

Dr Misbahuddin selaku Kepala Bidang Madrasah Kemenag Sulbar di Mamuju, mengungkapkan, kegiatan workshop tersebut merupakan program evaluasi diri madrasah (EDM) dan electronic rencana kerja dan anggaran madrasah (e-RKAM).

 

Dirinya mengatakan, dengan tujuan memajukan pendidikan madrasah di Sulbar melaksanakan kegiatan workshop sebagai penilaian mutu penyelenggaraan.

 

Dengan melibatkan pemangku kepentingan pendidikan madrasah. Menurutnya, kegiatan tersebut baru pertama kali dilaksanakan di Sulbar.

 

Ia menyampaikan, pentingnya meningkatkan mutu dan kualitas Madrasah karena Madrasah merupakan sarana pendidikan untuk membangun peradaban bangsa.

 

"Pembangunan mutu dan kualitas dari workshop Madrasah tersebut akan menyentuh berbagai aspek, mulai dari aspek pendidik dan tenaga kependidikan, dan aspek perencanaan keuangan," katanya.

 

Dirinya juga mengungkapkan, kegiatan ini adalah upaya peningkatan aspek kurikulum dan kesiswaan, serta aspek administrasi pembangunan madrasah.

 

Ia berharap mutu dan kualitas madrasah di Sulbar akan dapat meningkat dengan berbagai sentuhan yang nantinya dilaksanakan dengan sejumlah program.

 

"Sebuah perencanaan yang tidak betul dalam perencanaannya, maka sesungguhnya kita telah merencanakan sebuah kegagalan, seperti perencanaan keuangan pembangunan madrasah, jika tidak dilaksanakan sesuai kebutuhan, tetapi hanya berdasarkan keinginan, maka perencanaan anggaran yang disusun itu tidak mencapai target untuk menyelesaikan persoalan yang ada di Madrasah," katanya.

 

Sehingga ia juga menyampaikan, untuk membenahi dan menyelesaikan dan menyempurnakan perencanaan pembangunan madrasah, program EDM dan E-RKAM mesti dilaksanakan berdasarkan standar nasional pendidikan.

 

"Dengan menumbuhkan budaya untuk mengevaluasi madrasah secara mandiri yang juga untuk peningkatan pelayanan pendidikan, sentuhan program World Bank untuk mengoptimalkan kualitas madrasah agar bermutu dan berkualitas dari segala sisi akan sangat luar biasa membangun lembaga pendidikan tersebut." katanya.

DYL_RPH

=