Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PBSI UHAMKA menjadi delegasi Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN) Kuala Lumpur, Malaysia 2022

Jumat, 21 Oktober 2022 | Jumat, Oktober 21, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-21T06:49:01Z



Serambiupdate.com Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR HAMKA (Uhamka) program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bernama Sarah Assyifa berhasil terpilih dalam kegiatan Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN). 


AYIMUN adalah platform dimana mentalitas pemuda dalam kepemimpinan, negosiasi, dan diplomasi akan dikembangkan dalam Model United Nations. Asia Youth International MUN bertujuan untuk melibatkan para pemimpin pemuda dari seluruh dunia dan untuk menyediakan platform untuk berbagi perspektif dan pendapat dalam memecahkan masalah dunia.


Kegiatan ini diikuti para pemuda/i dari berbagai dunia yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, India, Ukraina, Pakistan, Bangladesh, Spanyol, hingga Indonesia, seperti Mahasiswa Uhamka itu sendiri. Acara ini dilaksanakan pada 30 September - 3 Oktober 2022, 4 hari 3 malam. 


Peserta Uhamka bernama Sarah Assyifa itu mengungkapkan kesan dan pesannya dalam mengikuti kegiatan ini, dirinya menyebut bahwa dengan mengikuti kegiatan ini adalah hal yang sangat membanggakan dan sangat terkesan bagi dirinya bisa terpilih dalam kegiatan yang sangat menambah wawasan dan memperluas relasi sampai keluar negeri.


“Sebenarnya sampai detik ini masih gak percaya kemarin bisa diterima, bisa berangkat, bahkan bisa mengikuti kegiatan selama disana sampai pulang lagi ke Indonesia. Satu hal yang pasti adalah karena saya mau menjadi yang berbeda, bukan sekedar menjadi saya yang biasa saya kerjakan setiap harinya.” ujar Sarah, Selasa (11/10).


“Kegiatan yang sangat seru dan menentang diri saya sendiri yang mengharuskan terjun langsung untuk berbicara tentang isu-isu terkini. Yang membuat saya terkesan adalah posisi kita sebagai mahasiswa Bahasa Indonesia yang terkadang meremehkan pentingnya menguasai Bahasa Inggris karena kita berpikir bahasa asing tidak akan terpakai karena dasarnya nanti kita akan menjadi guru Bahasa Indonesia. Namun, nyatanya setiap individu harus menguasai dasar conversation in english karena termasuk hal terpenting,” tambahnya.


Ada beberapa tahapan saat mendaftarkan diri ke dalam AYIMUN yaitu, pertama yang dilakukan adalah registrasi, dilanjut dengan mengisi pertanyaan tertulis, memilih council antara UNICEF, UNESCO, dan UNHCR, lalu mengisi pertanyaan kenapa memilih council tersebut, selanjutnya mengisi level TOEFL Bahasa Inggris, menunggu pengumuman lulus seleksi, setelah lulus seleksi, melakukan pembayaran full accommodation, mengurus dokumen-dokumen keberangkatan seperti paspor, tiket, sertifikat vaksin, KTP, dan submit position paper.

Tujuan pertama kegiatan AYIMUN yaitu Pullman Kuala Lumpur Bangsar Hotel untuk opening ceremony, gala dinner, grand symposium, dan conference session. Berikutnya Sheraton Petaling Jaya Hotel untuk closing ceremony, cultural performances, dan awarding session sekaligus after party. (Mahesa Azzahra)

×
Berita Terbaru Update