Notification

×

Iklan

Iklan

Cegah Pelecehan Seksual, Pendidikan Seks Anak Usia Dini Penting Diterapkan

Sabtu, 29 Oktober 2022 | Sabtu, Oktober 29, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-29T01:11:08Z

 


Serambiupdate.com
- Nunki Andria selaku dokter spesialis anak RS Sari Asih Cipondoh Kota Tangerang mengatakan bahwa pentingnya memberikan pendidikan seks pada anak. Namun demikian, perlu juga dipilah sesuai dengan usia anak sehingga informasi tersebut layak disampaikan.

 

"Bisa diawali dengan penyampaian mengenai tubuh milik sendiri yang tidak boleh disentuh secara paksa maupun tidak oleh orang lain terutama di area pribadi," ujarnya.

 

Selain itu, ia menyebutkan bahwa hanya orang tuanya yang boleh menyentuh bagian tubuh mereka itupun jika sedang membersihkan atau memandikan mereka ketika sedang buang air.

 

“Sampaikan kepada anak mereka juga untuk tidak boleh menyentuh bagian tubuh orang lain tanpa izin. Selain itu, beritahu kepada mereka untuk menyebut bagian kelamin anak dengan sebutan yang benar seperti vagina atau penis,” tuturnya.

 

Dalam hal ini, penyebutan bagian kelamin dengan benar tersebut nantinya dipahami oleh anak sehingga hal tersebut akan memudahkan sang anak untuk melaporkannya dengan baik dan tidak sungkan jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Oleh karena itu, anak perlu diberikan arahan untuk menolak jika ada orang lain yang berusaha memegang area pribadi secara paksa.

 

"Perintahkan untuk berteriak atau berlari menjauh dari orang tersebut,” tegasnya.

 

Namun demikian, nyatanya sebagian orang tua masih merasa pendidikan seks pada anak usia dini masih terdengar tabu. Mereka beranggapan hal tersebut masih belum perlu untuk disampaikan, bahkan beberapa orang tua ingin membiarkan anak-anaknya tahu dengan sendirinya di saat yang sudah tepat.

 

Kenyataannya, pendidikan seks pada anak dengan pemberian informasi yang benar sesuai dengan usianya dapat memberikan penjagaan awal yang penting untuk mencegah anak dari kekerasan seksual.

 

"Diharapkan kepada anak-anak untuk dapat memahami, menghindar, dan melaporkan kejadian yang tidak diinginkan tersebut jika hal itu terjadi," tambahnya.

ADP/SAN

×
Berita Terbaru Update