Notification

×

Iklan

Iklan

UMM Kirimkan 12 Mahasiswa untuk KKN di Malaysia

Selasa, 06 September 2022 | Selasa, September 06, 2022 WIB | Last Updated 2022-09-06T04:24:31Z

 


Serambiupdate.com
- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) ke Kuala Lumpur serta Selangor, Malaysia. Program ini merupakan kerjasama antara Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dengan Kedutaan Besar (Kedubes) RI untuk Malaysia.

 

Innany Mukhlishina, salah satu pembina KKN UMM, mengatakan program ini juga dilakukan di Kuala Lumpur bekerjasama dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI Malaysia di Kuala Lumpur . Kemudian, hadir pula Kepala Sekolah Kuala Lumpur Indonesia School (SIKL) dan Muhammadiyah (PCIM) Cabang Khusus Kuala Lumpur.

 

“UMM mengirimkan 12 mahasiswa dari Fakultas  Ilmu Pendidikan Guru (FKIP) untuk kegiatan ini,” tutur Innany.

 

Menurut Innany, para mahasiswa para mahasiswa akan melaksanakan KKN selama 28 hari mulai 26 Agustus hingga 23 September 2022. Mereka akan ditempatkan di SIKL dan delapan sanggar belajar Indonesia  di Kuala Lumpur dan Selangor. Mereka juga mengembangkan potensi anak-anak dalam budaya Indonesia, termasuk seni tari. 

 

Dosen Program  Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menjelaskan, jumlah penduduk Indonesia di Malaysia cukup besar. Dilaporkan 2,5 juta orang Indonesia terdaftar resmi  di Malaysia. Namun, ada juga yang tidak memiliki surat resmi, yang berdampak pada anak-anak yang tidak dapat bersekolah secara formal di lembaga pendidikan di Malaysia.

 

Menurut Innany, para mahasiswa tersebut bertugas memberikan pendidikan kepada anak-anak Indonesia yang tidak dapat bersekolah di sekolah formal. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan bahasa dan budaya, apalagi jika ada  orang tua yang menikah dengan etnis lain, sehingga mereka bisa mengenal dan belajar banyak tentang budaya Indonesia, dan tidak ada pergeseran budaya.

 

Innany berharap, berharap program KKN yang dijalankan mahasiswa UMM ini dapat membantu  mengembangkan potensi dan minat anak-anak Indonesia yang tinggal di Malaysia.

 

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Malaysia, Hermono menyambut hangat kedatangan para mahasiswa KKN tersebut.

 

“Saya merasa keberadaan KKN Pemuda memberikan kontribusi yang besar. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh keinginan mereka yang semakin besar untuk belajar dan keterikatan mereka dengan negara mereka,” ucap Hermono.


(ADP)

×
Berita Terbaru Update