Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswi Pendidikan Biologi FKIP Uhamka Lakukan KKN di Sekolah Davao, Filipina Selatan

Jumat, 16 September 2022 | Jumat, September 16, 2022 WIB | Last Updated 2022-09-16T06:20:33Z


Serambiupdate.com Mahasiswi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka)  bersama 4 PTMA lainnya ikut serta dalam pelaksanaan KKN Internasional yang bertepatan di Davao, Filipina Selatan. Dalam kurun waktu 26 hari terhitung sejak tanggal 8 Agustus s.d. 3 September 2022, mahasiswi Uhamka tersebut melakukan aktivitas kegiatan belajar mengajar bersama dengan siswa – siswi Sekolah Indonesia Davao khususnya tingkat SMP kelas IX dan tingkat SMA kelas X, XI, dan XII.

Delegasi Mahasiswi Uhamka yakni Ananda Nurputri Azzahra menyampaikan bahwasannya siswa – siswi di Sekolah Indonesia Davao ini memiliki keberagaman diantaranya mayoritas berasal dari campuran Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Filipina, sehingga dalam berkomunikasi menggunakan beberapa bahasa yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa daerah setempat yang disebut “Bisaya”. Namun, sebagian besar siswa – siswi yang telah bersekolah cukup lama sejak berada dibangku SD, SMP hingga SMA sudah cukup mahir berbahasa Indonesia.


“Saya mendapat kesempatan mengajar mata pelajaran Biologi di kelas X, lalu terdapat beberapa murid baru yang sama sekali belum mahir dan mengerti Bahasa Indonesia, sehingga dalam proses kegiatan belajar mengajar saya perlu 2x menjelaskan menggunakan Bahasa Indonesia lalu diikuti menggunakan bahasa Inggris” ujar Ananda.


Kurikulum Pendidikan yang ditetapkan di Sekolah Indonesia Davao ini sama hal nya dengan Kurikulum sekolah – sekolah dalam negeri. Selain itu, dari segi tata tertib dan kedisiplinan pun sama halnya dengan sekolah – sekolah dalam negeri, bahkan lebih disiplin. Selama kurang lebih 26 hari melaksanakan KKN di sekolah ini, salah satu kesan yang menarik ialah karakter Siswa – siswi Sekolah Indonesia Davao yang memiliki rasa nasionalisme yang kuat. ramah tamah yang baik, kepedulian yang tinggi, serta menjalin kekeluargaan antar sesama teman sebaya yang begitu erat.


Selama kegiatan KKN berlangsung, tak lupa juga mahasiswa melakukan sesi diskusi atau bimbingan secara personal dengan siswa – siswi untuk menjalin kedekatan serta saling bertukar cerita, sehingga tak disangka beberapa siswa mengatakan bahwa mereka memiliki cita – cita untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Indonesia. Hal ini perlu diapresiasi dan didukung penuh oleh pihak sekolah agar dapat menjembatani siswa – siswi berprestasi untuk meraih impiannya

×
Berita Terbaru Update