Notification

×

Iklan

Iklan

Transaksi Digital

Senin, 22 Agustus 2022 | Senin, Agustus 22, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-22T02:42:00Z

  



Oleh : Vinka Findayani

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Selama pandemi covid-19 hampir semua industri bisnis menjadi terganggu. Hal ini merupakan tantangan yang berat bagi masyarakat. Akan tetapi, tidak semua sektor bisnis terganggu yang dapat memunculkan peluang dan harapan sehingga sektor bisnis dapat membaik. Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, maka muncul peluang bisnis online yang dapat dimanfaatkan sebagai inovasi untuk mengembangkan bisnisnya. Hal itu dengan munculnya bisnis online, berarti muncul juga transaksi online atau transaksi digital yang dapat memudahkan masyarakat dalam pembayaran barang atau jasa.

Transaksi digital adalah pembayaran elektronik dengan mudah dan aman dalam bertransaksi serta bermanfaat bagi pengguna seperti para pelaku bisnis. Transaksi digital ini dapat dilakukan dengan menggunakan handphone berupa aplikasi atau website penyedia jasa. Hanya beberapa detik saja, transaksi dapat dilakukan dengan cepat tanpa adanya interaksi antara penjual dan pembeli. Jenis transaksi digital seperti transfer bank yang hanya modal rekening bank dan handphone, kemudia masyarakat dapat melakukan transaksi melalui transfer. Selain itu, ada e-wallet yaitu pembayaran yang secara otomatis terkonfirmasi pada sistem sehingga masyarakat dapat belanja serta melakukan transaksi dengan praktis.

Dengan itu, sebagian besar masyarakat beralih ke transaksi digital karena memiliki beberapa alasan. Alasannya yaitu, mudah digunakan kapanpun dan dimanapun, masyarakat dapat melakukan pembayaran online dengan menggunakan handphone untuk menyelesaikan transaksi yang dapat dilakukan dimanapun, kapanpun serta pembayaran apapun dengan tidak harus ke bank atau ATM. Kemudian, dapat mengurangi resiko kejahatan, dengan adanya transaksi digital dapat meminimalisir tindak kejahatan di tempat umum dan masyarakat tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah yang banyak. Selain itu, dapat menerima berbagai pembayaran online, jika menerapkan pembayaran online pada e-commerce adalah bagaimana kepercayaan pembeli kepada brand lebih meningkat dengan proses aktivasi akun untuk payment gateway yang membutuhkan data dan syarat khusus. Kemudian, dapat memberi batasan uang yang dikeluarkan, masyarakat dapat mengetahui berapa banyak uang yang sudah dikeluarkan serta membuat batasan berapa alokasi uang yang dikeluarkan tiap minggu atau bulan, hal itu pengeluaran lebih terkontrol.

Jadi, kesimpulannya adalah pada saat ini masyarakat lebih memilih transaksi digital karena memiliki alasan yang dapat memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Bahwa transaksi digital ini mudah digunakan kapanpun dan dimanapun. Selain itu, dapat mengurangi resiko kejahatan, dapat menerima berbagai pembayaran online serta memberi batasan uang yang dikeluarkan. Transaksi digital ini hanya menggunakan handphone. Dengan waktu beberapa detik saja, masyarakat dapat bertransaksi dengan cepat.

×
Berita Terbaru Update