Notification

×

Iklan

Iklan

TNI AU Akan Miliki Skadron Pendidikan Pesawat Terbang Tanpa Awak

Sabtu, 27 Agustus 2022 | Sabtu, Agustus 27, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-27T08:00:42Z

 


Serambiupdate.com
TNI Angkatan Udara segera memiliki Skadron Pendidikan (Skadik) 103 yang bertugas mengadakan sekolah pesawat terbang tanpa awak di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Adisutjipto, Yogyakarta.


Pembentukan skadik tersebut adalah bagian dari validasi organisasi TNI AU yang menunggu keputusan Marsekal Fadjar Prasetyo selaku Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).


“Nantinya di Skadik 103 akan mempersiapkan latih dasarnya,” ujar Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama Azhar Aditama kepada awak media di Lanud Adisutjipto.


Skadik 103 itu akan berada di bawah naungan Wing Pendidikan 100/Terbang, Lanud Adisutjipto.


Setelah melaksanakan pendidikan dasar, para penerbang pesawat terbang tanpa awak bakal melanjutkan pendidikan pada tingkat berikutnya berupa pelatihan lanjut di Skadron Udara 51 di Pontianak, Kalimantan Barat.


Skadron Udara 51 adalah satuan yang berintikan pesawat terbang tanpa awak. Skadron ini berada di bawah Wing Udara 7 yang berbasis di Lanud Supadio, Pontianak.


Menurut Azhar, meskipun pembentukan Skadik 103 masih menunggu keputusan KSAU, namun pendidikan penerbang pesawat terbang tanpa awak di Lanud Adisutjipto sampai saat ini telah memasuki angkatan keenam.


Azhar menyampaikan bahwa dalam pendidikannya, Skadik 103 mengadopsi platform pesawat terbang tanpa awak terbaru.


Sedangkan untuk instruktur, TNI AU sudah mengoptimalkan penggunaan dari sumber daya manusia (SDM) internal.


“Semua dari TNI AU, jika bantuan dari luar relatif pada tahun-tahun pertama. Namun sekarang telah dari personel kita sendiri,” katanya.


Selain Skadik 103, TNI AU pun berencana membentuk Skadik 105 yang berada di bawah naunganWing Pendidikan 100/Terbang.


Skadik ini bertugas melakukan pendidikan sekolah penerbang tingkat lanjut helikopter dan sekolah instruktur penerbang helikopter dengan jenis EC120B Colibri.


(ADP)

×
Berita Terbaru Update